PENERAPAN CINTA TANAH AIR MELALUI SIKAP TENGGANG RASA

Florencia Carmel Virgo, Wanodya Suvita, Cinta Darojatun Nashuha, Tita Sintia Agata, Hanifah Setya Utami, Maritza Azhar, Ratu Nazwa Mufahir, Ninda Cahya Devita, Siti Haerida

Abstract


Artikel ini mengulas tentang Penerapan Cinta Tanah Air Melalui Sikap Teggang Rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaraan dan dampak akan penerapan cinta tanah air melalui sikap teggang rasa terhadap masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitiannya adalah observasi dan pedoman wawancara dengan peneliti sebagai intrumen kunci. Sumber penelitian ini adalah hasil wawancara dari sepuluh narasumber yang terdiri dari usia remaja. Adapun hasilnya adalah narasumber sudah paham apa itu cinta tanah air melalui sikap teggang rasa dan sudah mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari. Dampak kesadaran akan cinta tanah air ini adalah meningkatnya kualitas sumber daya manusia untuk menerapkan nilai-nilai tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci : Cinta tanah air, Sikap tenggang rasa, Observasi.


References


Abdatisyah, K., Chairunissa, C., Naqiyyah, R., Anggraeni, D. D., & Furnamaisa, Y. F. (2021). Pengembangan Sikap Cinta Tanah Air untuk Anak Sekolah Dasar dalam Memajukan Kualitas Bangsa. Aulad: Journal

on Early Childhood, 4(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.198

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 24, Issue 1).

Isywarul Mujab, A., & Setyadi, A. (2015). Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata. In Jurnal Ilmu Perpustakaan (Vol. 4, Issue 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.