TINDAKAN PERUNDUNGAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Nur Rizky Pratami, Nadya Nurislamiddini Saputra, Yasmin Salsabila, Rohita Angel Yoseffa Sihole, Nayla Oktaviani, Fauziah Ismazanisa, Aflahal Illmi, Khafifah Tinisia Ramadhani, Dhestya Maharani, Chelsea Azzahra Putri

Abstract


Maraknya aksi perundungan(bullying) telah menjadi perbincangan setiap harinya, terlebih lagi aksi perundungan di dunia pendidikan yang akhir-akhir ini telah menjadi sorotan publik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu pengenalan mengenai faktor, dan bentuk bentuk serta untuk mengetahui dampak psikologis dan emosional terhadap korban. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi literatur. Bullying memiliki dampak serius pada kesehatan emosional dan mental korban yang meliputi penurunan rasa percaya diri, depresi, kecemasan, dan trauma jangka panjang. Pencegahan dan penanggulangan bullying memerlukan peningkatan kesadaran, pendidikan, dan menciptakan lingkungan yang aman. Pendidikan berperan dalam pembentukan karakter, nilai-nilai positif, dan keterampilan pengendalian diri. Pendidikan memiliki dampak luas, tidak hanya pada pengetahuan akademis tetapi juga pada aspek emosional, spiritual, dan moral. Bullying dapat berdampak buruk pada kesehatan emosional dan mental korban, meningkatkan risiko mereka mengalami trauma jangka panjang, depresi, kecemasan, dan rasa rendah diri. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan upaya pencegahan dan edukasi secara menyeluruh. Siswa perlu diberikan pendekatan pembelajaran inklusif dan program anti-bullying untuk membangun pemahaman dan sikap empati terhadap perbedaan.

kata kunci: bullying, pendidikan, siswa


References


Arifuddin, Muh. A. T. (2021). KAJIAN KEJADIAN PERUNDUNGAN (BULLYING) VERBAL PADA REMAJA AWAL (STUDI KASUS SMP NEGERI 5 PALLANGGA DAN SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA).

Damanik, G. N. A., Djuwita, R., & Kunci, K. (2019). Gambaran Perundungan pada Siswa Tingkat SMA di Indonesia Potrayal of Bullying among High School Students in Indonesia. In Jurnal Psikogenesis (Vol. 7, Issue 1).

Derma Putri, E. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya.

Hatta, M. (2017). TINDAKAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DALAM DUNIA PENDIDIKAN DITINJAU BERDASARKAN HUKUM PIDANA ISLAM: Vol. XLI (Issue 2). http://www.kpai.go.id/berita/kpaipresiden-jokowi-siapkan-perpres-terkaitbullying

Hidayati, A. S. (2019). ANALISIS FAKTORFAKTOR PENYEBAB BULLYING DI KALANGAN PESERTA DIDIK ERA MILENIAL.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.