ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DAN SOLUSI BULLYING PADA KALANGAN REMAJA DI SMPN 42 KOTA BEKASI
Abstract
Penelitian ini memberikan pemahaman terhadap pandangan siswa-siswi mengenai bullying, faktor-faktor yang memengaruhi, serta solusi dan strategi pencegahan bullying pada remaja di SMPN 42 kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, melalui teknik wawancara dengan beberapa murid SMPN 42 Kota Bekasi. Wawancara meliputi lima pertanyaan dengan informan atau narasumber berjumlah tiga orang siswi. Didalam artikel ini didapatkan hasil bahwa faktor penyebab bullying dapat terjadi karena faktor individual, sosial, risiko lingkungan, meliputi sifat temperamen, pengaruh lingkungan keluarga, faktor ekonomi, dan pertemanan. Sedangkan, solusi bullying di sekolah yaitu dengan mensosialisasikan bullying serta menetapkan aturan yang tegas, mengedukasi siswa, dan mendorong korban dalam memiliki keberanian bercerita kepada pihak bertanggung jawab di sekolah maupun orang tuanya. Strategi mengatasi bullying dapat dilakukan dengan dua strategi yaitu strategi umum dan
strategi khusus. Implementasi strategi pencegahan bullying yang efektif memerlukan kerjasama semua pihak di sekolah dan upaya berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, positif, dan inklusif.
Kata kunci : bullying, remaja, faktor penyebab, solusi.
References
Bahry, S., & Zamzam, F. (2015). Model Penelitian Kuantitatif
Berbasis SEM-AMOS. Yogyakarta: Deepublish. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan
Perlindungan Anak Kota Pontianak. (2022). Bullying Sering Terjadi di Sekolah dan Lingkungan. Retrieved from https://dppkbpppa.pontianak.go.id/informasi/berita/bullyingsering-terjadi-di-sekolah-danlingkungan
Info Psikologi. (2023). 10 Cara Menghindari Bullying di Sekolah yang Efektif. Retrieved from Kumparan website: https://kumparan.com/infopsikologi/10-cara-menghindaribullying-di-sekolah-yangefektif-21OPDFVTwVE/full
Karim, A., Aunurrahman, Halida, & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan dalam Mengoptimalkan Peran Guru dan Manajemen Sekolah dalam Mencegah Perilaku Bullying. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 1515-1534.10.47200/aoej.v14i2.2130
Nanda, S. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan,
Ciri, Jenis & Contohnya. Retrieved from Brain Academy website:
https://www.brainacademy.id/blog/penelitian-kuantitatif https://doi.org/http://dx.doi.org/
Refbacks
- There are currently no refbacks.