TANAMKAN DISIPLIN PADA GENERASI MUDA KAWAL JIWA ANTI KORUPSI

Fadiya Aprianggraeni, Yelena Rostia Bayova, Metta Dewi, Sultan Husen Nasution, Angela Paula Feby Simanjuntak, Nani Irnawati, Adrian Valentinus Situmorang

Abstract


Penelitian ini membahas tentang korupsi sebagai penyakit dalam masyarakat yang meningkat seiring dengan kemajuan dan teknologi. Korupsi, perilaku tidak jujur yang merugikan pihak lain demi keuntungan pribadi, tidak hanya terjadi di lingkup aparat negara, tetapi bisa dimulai dari berbagai aspek kehidupan. Mahasiswa sebagai objek penelitian menunjukkan sejauh mana pemahaman dan peduli generasi muda terhadap korupsi. Ditemukan bahwa masih banyak yang kurang memahami, memerlukan pemahaman lebih dalam, dan lingkungan sekitar mempengaruhi karakter individu. Alat penelitian melibatkan wawancara dan kuesioner, dilaksanakan di Universitas Esa Unggul pada 15 Desember 2023.
Proses penelitian melibatkan langkah-langkah seperti menentukan tujuan, judul, tempat, surat permohonan izin, waktu, penelitian, pengumpulan data, analisis, dan kesimpulan. Hasil menunjukkan perlunya pemahaman lebih dalam, pendidikan korupsi di sekolah, dan alat bantu seperti kuesioner untuk memahami perspektif generasi muda terkait korupsi. Kesimpulan menekankan pentingnya pendidikan antikorupsi sejak dini untuk menciptakan generasi yang sadar dan bertanggung jawab dalam mencegah korupsi di masa depan.

Kata Kunci: Korupsi, Pendidikan, Generasi Muda


References


Firdilla Kurnia. 2023. “Metodologi Penelitian: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Dan Jenisnya.” Dailysocial.Id.

Hana fathina. 2023. “Contoh Tinjauan Pustaka Beserta Fungsi Dan

Cara Membuatnya.” BISNIS.COM. Pemberantasan, Upaya, Serta

Regulasi, and Wicipto Setiadi. n.d. KORUPSI DI INDONESIA. Pengampu, Dosen, Nia Puspita

Hapsari, and S. Hi. n.d. “Program Studi Pendidikan Karakter Unggul.”

Vanya Karuna Mulia Putri. 2023. “Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Dan Ciri-Cirinya.” KOMPAS.COM.

Yusuf Abdhul Azis. 2023. “Landasan Teori: Pengertian, Isi, Langkah Membuat Dan Contoh.” Deepublishstore.Com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.