PERAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI KEKERASAN SEXUAL YANG TERJADI DI KALANGAN MASYARAKAT

Hunarso John Handadari, Kurnia Dewangga Dwi Saputra, Arga Ginting, Rodifta Rabbani, Imam Sutistawinata, Reza Aditia Tetlageni, Rosita Cahaya, Raisyah Davyra Pramita, Sinta Gea Riski, Aulia Nurhasanah, Ni Nyoman Sudiani

Abstract


Penelitian ini membahas secara mendalam tentang peranan masyarakat dalam menanggulangi kekerasan sexual yang terjadi di kalangan masyarakat. Dalam konteks ini peneliti menjelajahi sejauh mana peranan serta upaya yang dilakukan oleh masyarakat terhadap kekerasan sexual yang terjadi di sekitar. Melalui pendekatan dengan Pendidikan serta himbauan yang dilakukan dalam mencegah terjadinya kekerasan sexual di sekitar. Penelitian bertujuan memberikan pemahaman secara komprensif terkait mekanisme dalam menanggulangi kekerasan sexual serta dampak dari kekerasan sexual itu sendiri. Penelitian ini juga membahas upaya masyarakat dalam menanggulangi serta mencegah terjadinya kekerasan sexual di kalangan masyarakat. Melalui analisis mendalam terhadap kasus kekerasan sexual yang terkait, penelitian ini berusaha memberikan wawasan lebih mendalam mengenai peran masyarakat dan Lembaga dalam mencegah dan menanggulangi kekerasan sexual. Implikasi
temuan ini dapat memberikan dasar bagi perbaikan kebijakan dan perundang-undangan yang lebih efektif untuk meminimalisir terjadinya kekerasan sexual di sekitar.

Kata kunci : Kekerasan sexual, penanggulangan, masyarakat


References


Anindya, A., Syafira, Y. I., & Oentari, Z. D. (2020). Dampak psikologis dan upaya penanggulangan kekerasan seksual terhadap perempuan. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(3), 137-140.

Cecep, C., & Humaedi, S. (2018). Mengatasi Dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dengan Pelatihan Volume 18 No 4 Desember 2021 5 Asertif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48-55.

Hairi, Prianter Jaya. "Problem Kekerasan Seksual: Menelaah Arah Kebijakan Pemerintah Dalam Penanggulangannya (Sexual Violence Problems: Analyzing The Direction Of Government Policy In Handling The Problems)." Negara Hukum: Membangun Hukum untuk Keadilan dan

Kesejahteraan 6.1 (2016): 1-15. Rosyidi, Abdul Wahab. "Peran Makna Dalam Penerjemahan." LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 2.1 (2007). Lubis, Elvi Zahara. "Upaya perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual."

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 9.2 (2017): 141-150. Noviana, Ivo. "Kekerasan seksual terhadap anak: dampak dan penanganannya." Sosio Informa (2015): 52819.

Ismantoro Dwi Yuwono, S. H. Penerapan hukum Dalam kasus kekerasan Seksual terhadap Anak. MediaPressindo, 2018. Handayani, Trini. "Perlindungan Dan Penegakan Hukum Terhadap Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak." Jurnal Hukum Mimbar Justitia 2.2 (2018): 826-839.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.