PENGUATAN KARAKTER DAN KESADARAN BELA NEGARA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA PADA MAHASISWA ESA UNGGUL KAMPUS BEKASI

Dava Hernawan Pratama, Aris Fadilah, Adinda Felisha Pramestia Sari, Hanum Salsabila, Faradila Safitri Tk, Shakila Nalany Sadmoko, Argea Vikasshandra, Laila Fitriasari, Shana Fatina Mufarohah, Putri Alyssa Christy, Ni Nyoman Sudiani

Abstract


Pendidikan karakter dan kesadaran bela negara merupakan isu penting dalam menghadapi tuntutan dan dinamika dunia modern. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang nilai-nilai agama yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta membangun rasa tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan integrasi antara ajaran agama dan nilai-nilai kebangsaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Narasumber dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Esa Unggul Kampus Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan pendidikan agama, mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan melalui pendekatan agama dapat membantu membangun rasa tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Perpaduan antara ajaran agama dan nilai-nilai kebangsaan juga terbukti efektif dalam memperkuat identitas nasional dan menumbuhkan semangat bela negara dalam diri mahasiswa.

Kata Kunci: Karakter, Bela Negara, Pendidikan Agama, Mahasiswa.


References


Ahmadi Muhammad Zul, Haris Hasnawi, and Akbal Muhammad. 2020. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Phinisi Integration Review 3(2): 305–15.

Ainiyah, Nur. 2013. “Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13(1): 25–38.

Alhudawi, Usman, Ernawati Simatupang, and Fazli Rachman. 2021. “Membangun Kesadaran Bela Negara Masyarakat Pedesaan Berbasis Nilai Kearifan Lokal.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 5(2): 529.

Bloom, Nicholas, and John Van Reenen. 2013. “Mahasiswa Universitas Medan Are.” NBER Working Papers: 89. http://www.nber.org/papers/w16019.

Dahliyana, Asep, Encep Syarif Nurdin, Dasim Budimansyah, and Ace Suryadi. 2020. “Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 17(2): 130–41.

Fajri, Nurul, and Mirsal Mirsal. 2021. “Implementasi Penguatan Pendidikan

Karakter Di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.” at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 2(1): 1.

Fridayanti, Fridayanti. 2016. “Religiusitas, Spiritualitas Dalam Kajian Psikologi Dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 2(2): 199–208.

Hafizhuddin, Muhammad Ibrahim. 2019. “Hubungan Antara Self Disclousure Melalui Status Wa Dan Kualitas Hidup Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Surabaya.” Skrip: h. 2. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3715%0Ahttp://repository.um-surabaya.ac.id/3715/3/BAB_II.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.