UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KESADARAN MAHASISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN KAMPUS

Muhammad Rizky Renaldy, Akmal Fathurrahman Munajat, Dodit Bandono, Muhammad Irfan Naufal, Nazillah Nurdiyanti, Nada Nabila, Sahirah Budiarti, Dwivadaya Razka Rabbani Anom, Zafira Febry Santoso, Nasywa Nabila Majid

Abstract


Lingkungan mencakup faktor manusia, termasuk aktivitas dan dampaknya terhadap ekosistem, juga segala sesuatu di sekitar kita yang membentuk konteks kehidupan dan memiliki peran penting. Lingkungan kampus mencakup area kampus, bangunan, fasilitas, serta interaksi dan aktivitas yang terjadi di dalamnya juga mencakup keberlanjutan, kebersihan, dan upaya pelestarian lingkungan di dalam konteks institusi pendidikan. Selain itu, aspek sosial seperti budaya, norma, dan hubungan antarindividu juga menjadi bagian integral dari lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD). Pendekatan campuran digunakan, melibatkan analisis literatur, penelitian lapangan, dan pengembangan kurikulum. Pada tahap analisis literatur, teori-teori pendidikan karakter dan ESD diidentifikasi untuk membentuk dasar konseptual penelitian. Penelitian lapangan melibatkan observasi, wawancara, survei, dan kuesioner. Metodologi ini memungkinkan pemahaman mendalam tentang pengalaman mahasiswa dalam mengadopsi pendidikan karakter dan ESD. Selanjutnya, pengembangan kurikulum melibatkan pakar keberlanjutan, dan praktisi lapangan. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan tentang efektivitas pendekatan ini dalam meningkatkan karakter mahasiswa dan kesadaran mereka terhadap isu-isu keberlanjutan. Implikasi praktisnya adalah pengembangan model pendidikan holistik yang merangkul nilai-nilai karakter dan keberlanjutan untuk membentuk generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap masa depan.

Kata Kunci : Pendidikan karakter, Integrasi nilai-nilai keberlanjutan, Dampak positif, Perubahan perilaku


References


Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice. Harper & Row.

Seligman, M. (2002). Authentic Happiness. Free Press.

Seligman, M. (2004). Character Strengths and Virtues: A Handbook and

Classification. Oxford University Press.

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals:

Learning Objectives. Retrieved from [https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444](https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444)

Carroll, A. B. (1999). Corporate Social Responsibility: Evolution of a

Definitional Construct. Business & Soci, 38 (3), 268-295.

Sterling, S. (2001). Sustainable Education: Re-visioning Learning and Change. Green Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.