PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI ANAK

Marshellin Chriswidjajanti, Puspita Chairun Nisa, Amaranggani Listya, Bella Prisca

Abstract


Seringnya laporan mengenai insiden kekerasan di sekolah dalam media cetak dan siaran menunjukkan bahwa insiden ini menjadi semakin umum. Penindasan adalah salah satu jenis kekerasan yang terjadi di sekolah. Penindasan dapat membahayakan anak-anak dengan membuat para korban merasa tidak diinginkan dan ditolak oleh lingkungan mereka. Hal ini juga dapat menghasilkan iklim di sekolah yang kurang kondusif bagi pertumbuhan siswa baik dalam bidang akademis maupun sosial. Para korban penindasan memiliki keterampilan sosial yang lemah, yang membuat mereka khawatir di sekolah dan resah sewaktu belajar. Akibatnya, sang korban takut untuk pergi ke sekolah atau bahkan tidak ingin pergi ke sekolah, menarik diri dari pergaulan, dan hal ini mempengaruhi kinerja akademis korban.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan apakah perilaku intimidasi dan keberhasilan akademis berkaitan. Responden dalam penelaahan ini adalah individu yang berpengetahuan yang dapat membagikan perspektif mereka mengenai tema pilihan penelaahan. Bentuk penelitian ini kualitatif. Manajemen Data dan analisis dilakukan setelah Data telah berkumpul tergantung pada percakapan. Oleh karena itu, jelaslah apakah ada kaitan antara penindasan dan kesuksesan akademis.. Maka diketahui apakah terdapat hubungan antara tindakan bullying dengan prestasi belajar.

References


Adhimah, S. (2020) ‘Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo)’, Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), pp. 57–62. Available at: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618.

Bastomi, H. (2017) ‘Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah’, Jurnal. Elementary, 5(1).

Dwipayanti, I.A.S. and Indrawati, K.R. (2014) ‘Hubungan antara tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying pada tingkat sekolah dasar’, Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), pp. 251–260.

Fataruba, R. (2016) ‘Peran Tekanan Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying pada Remaja di Sekolah’, in Seminar ASEAN Kedua Psychology dan Humanity, Psychology Forum UMM,(19-20 Februari 2016), hal.

Fatyandri, A.N. et al. (2022) ‘Sosialisasi Bullying Free Zone Dengan Panti Asuhan Ridho Ilahi’, in National Conference for Community Service Project (NaCosPro), pp. 236–241.

Nurhayanti, R. and Novotasari, D. (2013) ‘Tipe Pola Asuh Orang Tua yang berhubungan dengan Perilaku Bullying di SMA Kabupaten Semarang’, Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 1(1).

Omeri, N. (2015) ‘Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan’, Manajer Pendidikan, 9(3).

Ranta, L., Salu, B. and Situru, R.S. (2019) ‘Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying di SDN 102 Makale 05 Kabupaten Tana Toraja’, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(3), pp. 31–36.

Samsudi, M.A. and Muhid, A. (2020) ‘Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa’, SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(2), pp. 122–133.

Soedjatmiko, S. et al. (2016) ‘Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar’, Sari Pediatri, 15(3), p. 174. Available at: https://doi.org/10.14238/sp15.3.2013.174-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.