MEMBANGUN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI SMAN 3 KABUPATEN TANGERANG

Putri Donna Faqih, Alya Ramadhani, Rifa Sabira, Rosdiana Andini, Kartina Nur Rahmawani, Yusrina Haibat, Sinta Amelia, Laily Atha Yumna, Lara Sentia, Fitry Amelia Sutisna

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan karakter nasionalisme pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tari, nilai-nilai dan cara pandang apa saja yang dapat dijadikan dalam membangun kepribadian nasionalisme, serta bagaimana ekstrakurikuler tari dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membangun kepribadian cinta tanah air. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data. Sumber informasi dalam eksplorasi ini adalah persepsi langsung di SMAN 3 Kabupaten Tangerang dan dilaksanakan pada tanggal 9
Desember 2023 melalui wawancara siswa ekstrakurikuler tari. Dari hasil persepsi dan pertemuan yang diarahkan, sebagian besar siswa menyatakan bahwa siswa memahami berbagai jenis tari melalui ekstrakurikuler tari. Bahkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler tari pun dapat memperoleh informasi dan pengetahuan yang lebih luas dengan memperhatikan gerak-gerik yang dilakukan oleh siswa ekstrakurikuler tari pada acara sekolah. Dari hasil pengujian cenderung beralasan bahwa pembelajaran kepribadian cinta tanah air melalui ekstrakurikuler tari sangat mempengaruhi siswa dalam menguasai berbagai macam tari dan membentuk mentalitas cinta tanah air. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrakurikuler tari dapat dijadikan salah satu cara yang efektif untuk membangun kepribadian rasa cinta tanah air pada siswa.


Kata Kunci: Karakter, cinta tanah air dan esktrakurikuler tari


References


Agustina, I. O., Juliantika, J., & ... (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang ..., 1(4). https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/2001%0Ahttps://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/download/2001/1522

Aryanti, R. (2023). Implementasi Model Tari Pendidikan Pada Anak Sekolah Dasar di Sanggar Tari Langen Budoyo Jatimulyo Dlingo Bantul

Yogyakarta. 1–23.

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidayah, M. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1

Makassar. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 131-146.

Fifin, N., Purwosaputro, S., & Widodo, S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER

CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SMP N 43 SEMARANG. XII(2), 43–55.

Habsary, D., Bulan, I., & Setiawan, A. Y. (2022). Penelitian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Seni Tari: Konsep dan Metode. Arus Jurnal Sosial

Dan Humaniora, 2(2), 47–53. https://doi.org/10.57250/ajsh.v2i2.62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.