UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH SMKS UMUM NABILA PASAR KEMIS

Hanan Anisyah Sutopo, Yunesia Amelia Renanta, Fika Nurmajulia Andiani, Yaffa Ivana Faustina, Eka Lestari Simaremare, Elvina Putri Maheswari, Jesica Yuliana Silaen, Khetrina Maria Angnesia, Anesya Fritiana, Angela Maranatha Sibarani, Ni Nyoman Sudiani

Abstract


Penelitian ini berjudul "Upaya Menangkal Radikalisme Dalam Lingkungan Sekolah SMKS Umum Nabila Pasar Kemis." Fokus utama penelitian ini adalah untuk menginvestigasi langkah-langkah yang diambil oleh pihak sekolah dalam mencegah radikalisme di lingkungan sekolah. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana pengetahuan remaja tentang radikalisme dan dampak negatifnya. Metode pengumpulan data yang digunakan melibatkan sesi edukasi, pengisian kuesioner oleh siswa dengan data kuantitatif, dan wawancara dengan beberapa guru untuk mendapatkan data kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Umum Nabila, yang berlokasi di Perum
Taman Walet Blok SD/SC No. 34, Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru dan dengan mendapatkan dukungan dari berbagai pendapat para ahli, terungkap bahwa beberapa guru berkomitmen untuk terus memberikan edukasi mengenai pengaruh radikalisme di lingkungan sekolah. Mereka juga akan memberikan arahan kepada siswa serta berbagi cara untuk mengatasi tindakan radikalisme di lingkungan sekolah.

Kata Kunci : Sekolah, remaja,tentang radikalisme,siswa, kuisioner, pendapat ahli


References


Ahmad Sarbini, H., Imanuddin, D. E., Lukman, D., & Sunan Gunung Djati

Bandung, U. (2018). RADIKALISME: PENDEKATAN ANALISA KONSELING RATIONALEMOTIF.

Brown, C. et al. (2019). Understanding Counteraction: A Multidisciplinary Approach to Risk Mitigation. Risk Management Journal, 2, 201–218. Latar Belakang Radikalisme. (n.d.). Musdah Mulia Al-wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan AgamaVol: 12 No: 2 96. (n.d.).

Nurmaida, D. K., Nasrullah, N., & Syarifudin, S. (2022). Teori Pembelajaran Humanisme dalam Perspektif Pendidikan Islam. Asatiza:

Jurnal Pendidikan, 3(3), 133–143. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i3.755 Radikalisme di Indonesia.

Relasi Agama, D., & Kebijakan Publik Bayu Mitra Adhyatma Kusuma, dan.

(n.d.). RADIKALISME DI ASIA TENGGARA.

Roberts, A. et al. (2020). Understanding Efforts: A Multidisciplinary Approach to Goal Attainment. Journal of Applied Sciences, 2, 145–160.

Rohman, S., & Nurhasanah, S. (2019). Terrorism Studies Paham Radikalisme Berdasarkan Perspektif Agama (Radicalism Based On Religious Perspective). Journal of Terrorism Studies, 1(1).

Rostini, R., Ruhyadi, S. S. A., Miftahurrazikin, M., & Fauzi, W. N. A. (2022). Konseling Lintas Budaya dan Agama dalam Penanggulangan

Radikalisme di Lingkungan Sekolah. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 17(2), 155–169. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4577

Syaiful Rohman. (2019). Paham Radikalisme Berdasarkan Perspektif

Agama (Radicalism Based On Religious Perspective). Terrorism Studies,1, 19–32.

Fakultas, D., Adab, U., & Dakwah, D. (n.d.). Sosialisasi Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa Jalwis.

Iain Kediri, P., & Baidowi, K. (2022). Khafidz Baidowi Kurikulum Sekolah

dan Madrasah dalam Menangkal Radikalisme Kurikulum Sekolah dan

Madrasah dalam Menangkal Radikalisme (Vol. 5).

Jaelani. (2021). Peran Siswa dan Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme dan Terorisme. Kementrian Agama RI.

Zulfani. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Paham Radikalisme Pada Peserta Didik Di SMAN 3 Kabupaten Kampar Rahmanto. (n.d.). Radikalisme di Indonesia.

Setyo Pawestri. (2019). Etika Politik dan Radikalisme Yang Terjadi Di

Indonesia di Tinjau Melalui Pandangan Para Ahli Aristoteles dan Machiavelli

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730


Refbacks

  • There are currently no refbacks.