DAMPAK NARKOBA TERHADAP KESEHATAN MAHASISWA

Fitra Ramdhani, Ronny Boni Labana Siregar, Michael Loryn, Ribka Sinyorita Nainggolan, Putri Amalia, Sylvia Sylvia, Faisal Anugrah

Abstract


Penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa menjadi perhatian serius karena dampak negatifnya terhadap kesejahteraan individu dan masyarakat. Faktor-faktor seperti tekanan akademis, kehidupan sosial kompleks, dan eksplorasi identitas diri menjadi pemicu perilaku konsumsi narkoba. Mahasiswa yang terpapar tingkat stres akademis tinggi cenderung mencari solusi instan, di mana narkoba dianggap sebagai pelarian. Dampak penggunaan narkoba melibatkan penurunan daya tahan tubuh, kerusakan organ, dan masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan dan depresi. Studi pustaka digunakan sebagai metode penelitian untuk memahami dampak narkoba pada kesehatan mahasiswa. Hasilnya menunjukkan variasi penggunaan narkoba berdasarkan jenis kelamin, rentang usia, fakultas, dan kondisi sosial ekonomi.
Prevalensi penyalahgunaan narkotika di kalangan mahasiswa meningkat, dengan ganja sebagai jenis yang paling banyak digunakan. Dampak negatif penyalahgunaan narkoba mencakup menurunnya kualitas sumber daya manusia, peningkatan kriminalitas, dan memperburuk citra Indonesia. Pencegahan penyalahgunaan narkoba perlu melibatkan keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat dengan fokus pada edukasi, penegakan hukum, dan dukungan emosional. Membangun hubungan yang baik, mengelola stres, dan memilih lingkungan positif adalah langkah-langkah konkret untuk menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari ancaman narkoba.

Kata kunci : Penyalahgunaan narkoba; Mahasiswa dan stres akademis; Dampak; Jenis narkoba dan prevalensi


References


Antropologi, P. S. P., & Maret, U. S. (2018). Meningkatkan pengetahuan remaja tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dengan. 2(2).

Donny Nurhmasyah, Mendri, N. K., & Wahyuningsih, M. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (Krr) Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperwatan Respati, 2(2), 67–83.

FT, Mhaisen, & Et, A. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 15, 1–12.

Irmawati, D. (2011). Upaya Pencegahan Tindak Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 4(November), 113–121.

Patilaiya, H. la, Ramli, Yunus, T., & Ishak, S. N. (2021). Meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba pada kelompok pelajar dan mahasiswa melalui kegiatan seminar di kota ternate provinsi maluku utara. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 4(2), 171–184.

Pradana, D. A., Amelia, D., Shavera, F., & Purnamasari, O. (2019). Sosialisasi Jenis Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Pada Ikatan Pemuda Waru Rw 05 Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September, 1–9.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5397

Santika, W., Sriwijayanti, A. I., & Riyanto, A. (2022). Webinar “War On Drugs Mahasiswa Cerdas Jaga Kesehatan Mental Cegah dan Jauhi Narkoba.” Communautaire: Journal of Community Service, 01(02), 83–89. https://serambi.org/index.php/communautaire/article/download/14/13

Sukoco, G. H., Purwoko, & Adnan, M. (2017). Strategi Pencegahan, Pemberantasan Dan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Pada Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa Di Kota Semarang Oleh Bnnp Jateng. Jurnal Sosial Strategi Pencegahan, Pemberantasan Dan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Pada Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa Di Kota Semarang Oleh BNNP Jateng, 6(04), 14.

Utara, M., La, H., & Yunus, P. R. T. (2022). Patilaiya H.L, Ramli dan Yunus T. Upaya Peningkatan ... 4(1), 24–32.

Warzuknidini, W., & Pramono, A. (2020). Pengaruh Psikoedukasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba terhadap Perubahan Sikap Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Jurnal Bio Komplementer


Refbacks

  • There are currently no refbacks.