PERAN PENGOLAHAN BANK SAMPAH UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN AGAR TERCIPTANYA LINGKUNGAN YANG SEHAT DAN BERSIH

Bahtiar Hamza, Yusuf David Crishtover Lumban Gaol, Dimas Hariseno, Kusuma Aruan, Aesa Rizki Ramadan, Faris Dhafin Razaqa Alwani, Dio Fredrick Hezekiel Sitorus, Parlin Jonatan Panjaitan, Rakha Purwa Arkananta, Naila Adiska Putri

Abstract


Bank sampah adalah sebuah Konsep mengumpulkan sampah kering dan memilah lalu mengelolanya seperti bank, namun yang dihemat adalah sampah, bukan uang. Bank sampah diatur oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pengelolaan uang dan sampah. Ketentuan mengenai penimbunan sampah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012. Mengingat peran TPA yang sangat penting bagi masyarakat lokal dan lingkungan, maka pengelolaannya juga memerlukan perhatian dan kontribusi seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Metode pengumpulan data yang kami gunakan adalah kualitatif. Dengan kata lain merupakan suatu metode penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena-fenomena yang berkaitan dengan tingkah laku, kognisi, motivasi, tingkah laku, dan sebagainya yang dialami subjek penelitian secara holistik dan melalui penjelasan dalam bentuk kata-kata dan bahasa menggunakan metode alami yang berbeda dalam situasi alam tertentu.

Tujuan pada penelitian ini yang bisa di realisasikan di kehidupan Masyarakat, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk menilai tingkat efektivitas dan efisiensi operasional bank sampah dalam mengelola limbah untuk mencapai tujuan pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
2. Untuk menilai dampak positif dan keuntungan dari adanya bank sampah.
3. Menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Bank sampah sangat berperan penting dalam mengelola dan mengurangi sampah, dengan mengedukasi, dan mendorong masyarakat untuk memilah dan mendaur ulang limbah. Kegiatan pengelolaan Bank Sampah ini membuat sampah yang tadinya tidak memiliki harga jual menjadi bernilai ekonomis. Aspek lingkungan dari bank sampah dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan bebas penyakit terkait sampah di sekitar rumah warga. Kegiatan bank sampah juga berdampak pada dimensi sosial, meningkatkan kesadaran di kalangan pengurus, anggota bahkan warga sebagai nasabah bank sampah. Bank sampah juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kelestarian lingkungan hidup, kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan.


References


Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya. Jurnal manusia dan lingkungan,

(1), 136-141.

PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI PENELITIAN DI DESA

KARANG INTAN KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR) | Jumarianta| AS-SIYASAH : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (uniska-bjm.ac.id)

MUHAMAD EGHI PRASETYO, M. E. P. (2019). PENGEMBANGAN WEBSITE

PENGELOLAAN MANAJEMEN BANK SAMPAH DI BANK SAMPAH ROSELLA

KOTA MOJOKERTO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO). PENGEMBANGAN WEBSITE PENGELOLAAN MANAJEMEN BANK SAMPAH DI BANK SAMPAH ROSELLA KOTA MOJOKERTO - Repository Universitas Islam Majapahit (unim.ac.id)

Jumarianta, J. (2018). Pengelolaan sampah rumah tangga (studi penelitian di desa karang intan kecamatanang intan kabupaten banjar).

AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 118-125. PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI PENELITIAN DI DESA

KARANG INTAN KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR) | Jumarianta | AS-SIYASAH : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (uniska-bjm.ac.id)

Selomo, M., Birawida, A. B., Mallongi, A., & Muammar, M. (2016). Bank sampah sebagai salah satu solusi penanganan sampah di Kota Makassar.

Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(4), 232-240. 232 (undip.ac.id)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.