WUJUD BELA NEGARA UNTUK MEMBANGUN KECERDASAN DAN JIWA PATRIOTISME GENERASI PENERUS BANGSA

Ananda Septiani Widyastuti, Hilma Ayu Indah Sari, Asslamy Septy Adelia, Jean Zuliana Lestari, Aisyiah Adiliah Refah, Niken Adellya Indriasri, Naurah Husniyah Ali, Nisa Nurnabila, Siti Rifa

Abstract


Wujud Bela Negara sebagai upaya untuk membentuk kecerdasan dan jiwa patriotisme pada generasi penerus bangsa memiliki peran penting dalam membangun fondasi moral, karakter, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang berdedikasi. Bela Negara tidak hanya terfokus pada aspek pertahanan fisik semata, melainkan juga menggali potensi intelektual dan semangat nasionalisme. Dalam konteks ini, penelitian ini mengeksplorasi implementasi konsep Bela Negara sebagai instrumen pembentukan karakter generasi muda. Melalui pendekatan interdisipliner, penelitian ini menyoroti dampak positif dari pelatihan Bela Negara terhadap perkembangan kecerdasan kognitif, emosional, dan sosial pada siswa. Selain itu, penelitian ini mempertimbangkan strategi pendidikan yang dapat meningkatkan jiwa patriotisme, seperti pengintegrasian nilai-nilai kebangsaan dalam kurikulum sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter.

Kata kunci : Wujud Bela Negara, karakter generasi muda


References


Nurnazhiifa, K., & Dewi, D. A. (2021). PPKN Sebagai Tonggak Rasa Patriotisme dan Nasionalisme Berkaitan dengan Identitas Nasional Bangsa Indonesia. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 67-79.

Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab dan Cinta Tanah Air. Nusamedia.

Guntoro, M. (2019). Menanamkan Semangat Nasionalisme & Patriotisme Pada Generasi Muda Di Tengah Pluralisme. Cendekia Jaya, 1(2), 1-9.

Susilo, E. A., & Arifianto, Y. A. (2023). Membingkai Bela Negara dan Sikap

Patriot Bangsa Melalui Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Metanoia, 5(1).

Artikel, I. (2023). JEJAK | Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi. 3(2), 103–112. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24856

Guarango, P. M. (2022). No Title קשה הכילראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ,

–2003 ,8.5.2017.

Makhasi, G. Y. M. (2018). Citra Kepahlawanan dalam Film-Film Berlatar

Sejarah Pada Layar Lebar Indonesia Pasca-Runtuhnya Rezim Soeharto (Studi Kasus Film Soegija, Habibie-Ainun, dan Hadrotussyaikh Sang Kiai).

Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 2(1), 54. https://doi.org/10.22146/diplomatika.39768

Rahmadhani, A. R., Abdillah, F., & Sumadi, T. (2022). Analisis Muatan Nilai Nasionalisme Dalam Film Serangan Fajar Karya Arifin C. Noer. Jurnal

Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(1), 12. https://doi.org/10.26418/jppkn.v3i1.48812

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan kesadaran bela negara pada remaja milenial menuju Indonesia emas. Pedagogika, 134-151.

Siregar, S. K., Rudiyanto, R., Yulianto, B. A., Widodo, P., & Saragih, H. J. R. (2022). Pelaksanaan Bela Negara Sebagai Pembentukan Karakter Bangsa Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 552-559.

Mayudho, I. (2022). The Implementasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Melalui Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 6-16.

Armaida, K. A., & Jatiningsih, O. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn Pada Pemahaman Bela Negara Siswa Kelas Viii Di Sekolah Inklusi Smp Muhammadiyah 2 Kediri. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(2), 413-428.

Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.