IKN KALIMANTAN: KONSTRUKSI MEGAPROYEK MEMILIKI DAMPAK SIGNIFIKAN TERHADAP PERUBAHAN IKLIM

Reza Syaban Rifai, Ananda Safitri, Haikal Jamil, Muhammad Raihan Ilham Karpi, Muhammad Rohan Roshandi, Barry Sholahuddin, Jiwanta Nabhan Alauddin, Siti Nurfadila Ilham, Fathia Suhailah Triadi, Salma Nur Ghaida

Abstract


Proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan proyek monumental yang saat ini
sedang dikerjakan oleh pemerintah Indonesia, dalam upaya pemindahan ibu kota yang awalnya berpusat di Jakarta menjadi di Kalimantan Timur, tujuan dibangunnya IKN adalah untuk mempercepat transformasi dan meningkatkan ekonomi Indonesia dengan kecanggihan teknologi di masa mendatang dan pembangunan ini juga merupakan bentuk upaya untuk mencapai visi indonesia 2045 yaitu sebagai negara maju. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak lingkungan alam khususnya pada perubahan iklim dan kesiapan mental masyarakat indonesia dalam menghadapi pembangunan berkelanjutan proyek IKN, hasil penelitian diharapkan dapat membantu pemerintah indonesia dalam mengambil langkah yang tepat berdasarkan data yang ada, evaluasi kebijakan juga diperlukan supaya dampak negatif yang pernah terjadi di Indonesia dapat di hindari di masa depan. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-literatur yaitu dengan mengumpulkan data yang ada berdasarkan artikel, jurnal, buku maupun informasi yang sudah tersedia untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas terkait pembahasan topik penelitian yang dilakukan.

Kata kunci : Pemindahan Ibu Kota Negara, Dampak Iklim, Dampak Deforestasi


References


Fadli, Muhammad. 2020. “Perlindungan Lingkungan dan Pembangunan Ibukota Negara (IKN).” Jurnal Hukum dan Peradilan 9 (2): 355-372.

Fajri, Muhammad, dan Raden Garsetiasih. 2019. “KOMPOSISI JENIS

VEGETASI LAHAN PASCA TAMBANG GALIAN C DI KHDTK LABANAN,

KABUPATEN BERAU.” Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam 16 (2): 101-118.

Karmilasanti, dan Muhammad Fajri. 2020. “Struktur Dan Komposisi Jenis Vegetasi Di Hutan Sekunder: Studi Kasus Khdtk Labanan Provinsi Kalimantan Timur.” Jurnal Penelitian Hutan Tanaman 17 (2): 69-85.

Khairunisa, Elvira. 2023. “Analisis Politik Faktor Keberhasilan Kebijakan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Era Pemerintahan Presiden Joko

Widodo.” Journal of Governance and Local Politics 5 (2): 280-287.

Malik, Rizal. 2020. "PembangunanIbu Kota Negara Baru di Kalimantan: Tantangan dan Peluang." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 24 (2): 123-

Muhlasin, Ias. 2023. “Analisis Dampak Pemindahan Ibu Kota

Negara Berpotensi Melanggar UU No. 23 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.” Jurnal Ilmiah Hukum

dan Keadilan 10 (2): 1-11.

Mutaqin, Dadang Jainal, Muhajah Babny Muslim, dan Nur Hygiawati Rahayu. 2021. “Analisis Konsep Forest City dalam Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara.” Jurnal Studi Kebijakan Publik 4 (1): 19-27.

Nasution, Toni, Lesma Yoana, Isnainy Fazryn, dan Salma Haliza.

“Perubahan Sosial Masyarakat Desa Sundutan Tigo.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2): 1163-1170.

RAF, Denryanto, dan Rista Hernandi Virgianto. 2021. “The Impact of Land Cover Changes on Temperature Parameters in New Capital of Indonesia.”

nd International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Sciences. Jakarta: IOP Publishing. 1-8.

Ramadhani, Rahmah, dan Yusa Djuyandi. 2022. “Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Mengatasi Resiko Kerusakan LINGKUNGAN SEBAGAI DAMPAK PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA.” Jurnal Politik, Keamanan dan

Hubungan Internasional 1 (3):144-152.

Safik, Akhmad, dan Mira Erwinda. 2023. “Pengelolaan Tanah Di Ibu Kota Negara.” Jurnal Hukum dan Kesejahteraan Universitas Al Azhar Indonesia 1 (8): 50-64.

Santoso, Budi. 2021. “Dampak Perubahan Iklim Akibat Konstruksi Megaproyek di Indonesia.” Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan 8 (1): 45-60.

Siagian, Abdhy Walid, Muhammad Syammakh Alghazali, dan Habib Ferian Fajar. 2022. “Penerapan Konsep Forest City dalam Upaya Mencapai Carbon Neutral pada Pembangunan Ibu Kota Negara.” Jurnal Studi Kebijakan Publik 1 (1): 1-12.

Sumarna, dan Lina Miftahul Jannah. 2023. “Kebijakan Pemindahan

Ibu Kota Negara Ke Provinsi Kalimantan Timur dengan Pendekatan SWOT Analysis.” Jurnal Academia Praja 6 (1): 185-202.

Widiastuti, Rini. 2021. “Strategi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim dalam Konstruksi Berkelanjutan.” Jurnal Rekayasa Sipil 17 (2):87-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.