TINGKAT PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KASUS PERUNDUNGAN PADA ANAK AUTIS DI JAKARTA BARAT

Shafa Raihan Imadia, Puspita Chairun Nisa, Haifah Dwi Setiawati, Talitha Raniah Yasmin

Abstract


Anak autis merupakan bagian dari masyarakat dengan segala kondisinya yang kompleks dan berbeda dengan anak pada umumnya, sehingga anak autis sangat rentan terhadap perundungan, di mana masyarakat memiliki peran ketika anak autis mengalami perundungan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap tindak intimidasi kepada anak autis di jakarta.

Kata kunci : Anak autis, perundungan, persepsi.


References


Putra Setiawan, Dimas, and Machmud Fauzi, ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Kasus perundungan Pada Anak Autis’, Jurnal Disabilitas, 1.2 (2021), 35–40

Winarsih, Sri, Jamal’s. Hendra, Ferial Hadipoetro Idris, and Evita Adnan, ‘Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, Dan Masyarakat)’, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, (2013), 1–17

Alim, R. A. S. A., ‘Kepedulian Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Lingkungan SLB Negeri B Sumedang’, Jassi Anakku, 2019, 20(2).

Amrizal Siagian, W. I. T. H., ‘Sanksi Pidana Kenakalan Anak Sebagai Pelaku perundungan Menurut UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak’, Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, 2020, 3(3).

Darmayanti, K. H. V. K. d. D. D. B. S., ‘perundungan di sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya’, PEDAGOGIA, (2019), 17(1).

Nadhirah, Y.F., ‘Perilaku Agresi Pada Anak’, As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.2 (2017), 141–54

Jauhari, M. N., ‘Pengetahuan Mahasiswa PG-PAUD UNIPA Surabaya Tentang Anak Berkebutuhan Khusus’, Jurnal Buana Pendidikan, (2017), 13(24).

Mai Nilawati, M. F. K. S., ‘Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Keaktifan Berkomunikasi Siswa’, Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, (2020), (1).

Peter K Smith, bullying : Definition, Types, Causes, Consequences and Intervention’. Social and Personality Psychology Compass, (2016), 10(9).

Purwati Purwati, D. D. A. F. ‘Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan’. Journal of Elementary Education, (2022), 6(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.