KONTRIBUSI MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TANGERANG DALAM PELESTARIAN DI LINGKUNGAN KAMPUS

Claudia Margaretta Sihite, Lia Amelia, Aura Chaya, Salma Nabiilah, Maya Sofianti, Happy Amelia Shabirah, Deby Novitasari, Indah Wulandari, Eillen Monica, Neng Parina

Abstract


Lingkungan kampus yang alami, nyaman, dan aman selalu diharapkan oleh setiap mahasiswa/mahasiswi dalam aktivitas apapun. Menjaga lingkungan kampus harus ada kerjasama dari berbagai mahasiswa yang terkait langsung dengan lingkungan kampus. Penelitian ini merupakan data primer dengan cara menyebar kuesioner yang dibagikan melalui media elektronik yaitu Google Form. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai partisipasi mahasiswa dalam menjaga lingkungan sekitar kampus dan untuk menyadarkan mahasiswa akan kurangnya kesadaran tentang kepedulian di lingkungan kampus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2023 hingga 19 Desember 2023. Unit analisis penelitian didapatkan ada 58 responden dari mahasiswa Universitas Esa Unggul, Citra Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara general, kontribusi dalam menjaga lingkungan kampus telah
dimiliki oleh banyak Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Hal tersebut bisa dilihat dari responden angket, 43 dari total 58 responden sudah memiliki tingkat kepekaan tinggi dalam menjaga lingkungan sekitar kampus.

Kata kunci: Mahasiswa, lingkungan, kampus, responden


References


Anugerah, I. N. (2020). Pengaruh Kebersihan Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Cendekia Sambas Keraf,Sonny.(2014).Filsafat Lingkungan Hidup.

Arif Zulkifli. (2014).Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika.

Diana Gabriella,Agus Sugianrto.(2020).Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan Mmahasiswi di Kampus.JISH: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.Vol.9 No 2.

Otto Soemarwoto.(2014). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Putriyanti,Aula.(2021).Keterlibatan Mahasiswa Relawan Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Kampus (Studi Bank Sampah Universitas Syiah Kuala).

Wardatul Jannah, Aria Dirawan.(2021).Sikap Mahasiswa di Llingkungan Kampus dalam Bidang Pengelolaan.Jurnal Teknik Indonesia. Vol.2 No1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.