MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI SMP GITA BANGSA SCHOOL MELALUI KEGIATAN FORMAL DAN NON FORMAL SEKOLAH

Ahmad Mujahid Fillah, Ismail Saputera, Fadya Nurul Huda, Syahdira Mayfaldi Putra W., Mohammad Andriansyah D., Bayu Hadi Rukhmana, Laurentia Mellynda, Martaida Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode yang tepat untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air di SMP Gita Bangsa School melalui kegiatan formal dan non-formal sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru SMP Gita Bangsa School. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan formal dan non-formal sekolah dapat membantu menumbuhkan karakter cinta tanah air pada siswa dengan pendekatan penguatan positif dalam teori Behavioristik. Kegiatan formal seperti pelajaran kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Agama dapat membantu siswa memahami sejarah dan budaya Indonesia dari berbagai sudut pandang. Sedangkan kegiatan non-formal seperti upacara bendera dan kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa mengembangkan rasa cinta tanah air dengan metode penerapan yang sama dengan kegiatan formal yaitu pendekatan penguatan positif. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam kegiatan formal dan non-formal sekolah juga dapat membantu meningkatkan karakter cinta tanah air. Oleh karena itu, SMP Gita Bangsa School telah membuktikan teori pendekatan penguatan positif efektif untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air di sekolah.

Kata kunci: Karakter cinta tanah air, Behavioristik, Penguatan positif


References


Andriani, K. M., Maemonah, & Wiranata, R. S. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran :. Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F.Skinner dalam Pembelajaran

:Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 – 2020.

Anonymus, (2015, Oktober 16). Sekolah sebagai Taman yang Menyenangkan. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/10/sekolah-sebagai- taman-yang-menyenangkan-5052- 5052-5052

Fatmawati, R. A., & Kaltsum, H. U. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan dalam Mengembangkan. Jurnal Basicedu.

Iryana, & Kawasati, R. (n.d.). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Diambil dari https://files.osf.io/v1/resources/cy9 de/providers/osfstorage/5c613d757 6653c001a2a7c23?format=pdf&ac tion=download&direct&version=1

Jayani, D. H. (2021, Mei 3). Penggunaan Internet di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat. Diambil dari

https://databoks.katadata.co.id/data publish/2021/05/03/tren-siswa- sekolah-menggunakan-internet- semakin-meningkat

Kamisi, M., & Hasyim, R. (2016). Peranan Guru Dalam Membangun Kesadaran Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Dasar. ejournal.unkhair.ac.id.

Miranti, I., & Dwiastuty, N. (2021). Penanaman Rasa Cinta Tehadap Tanah Air Melalui Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat.

Ridha, A., & Rusydi, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Perilaku Siswa. Jurnal Tarbawi.

Rohmawati, E. (2020). Penanaman Nilai- Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo Di Mi Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo [PhD Thesis]. IAIN Ponorogo.

Salsabila, S. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peranan Perilaku Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. ISSN: 2614-3097(online).

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Simbolika.

Taylor, SJ, & Bogdan, R. (1984). Introduction to Qualitative Research Methods. John Wiley and Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.