PENGARUH PERUNDUNGAN (BULLYING) TERHADAP KESEHATAN BERKUALITAS PADA REMAJA BERUMUR 16-23 TAHUN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR

Artadaya Muhammad Ramdhani, Joko Widarto, Kevin Tennov Wicaksono, Najwa Putri Adelia, Khoirul Mulya Wicaksono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini tentu saja untuk mengetahui dampak apa saja yangdialami oleh korban dalam kejadian bullying ini. Menurut data yang terkena dampak ini kebanyakan anak muda hingga anak-anak. 26 anak laki-laki dan 24 anak perempuan dalam anak muda ini juga memiliki kisaran umur yang berada Antara 16 dan 23 tahun. Dalam data ini anak-anak ini juga melakukan partisipasi dalam pelaksanaan penelitian ini. Hasil yang didapat, yaitu 78% mengalami cyberbullying, 21% bullying, dan 49 responden mengalami korban dari bullying tersebut. Bullying ini juga rawan sekali terjadi suatu media, teks, dan suara. Media yang sering digunakan adalah seperti facebook dan sosial media yang lainnya. Pada hal inipelaku memberikan ancaman, ejekan, serta fitnahyang tentu saja memberikan dampak signifikan terhadap korban. Seringkali korban merasa stress, tidak ada keinginan untuk hidup hingga depresi

 

Kata kunci: Cyberbullying, Identitas Daring,


References


Akbar, G. (2013). Mental Imagery Mengenai Lingkungan Sosial Yang Baru Pada Korban Bullying. Jurnal Psikologi Unmul. L, 23-37.

Cahyani, R. (2017). Pencegahan Dan Penanganan Bulliying Di Sekolah Yogyakarta.

Natalia, E. C. (2016). Remaja Media Sosial dan Cyberbulliying. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 119-139.

Susanti, A. (2016, Januari 8). Kekerasan Di Sekolah Capai 1.800 Kasus. From Okezone.com: http://news.okezone.com/read/2016/06/14/65/1414562/kekerasan-di-sekolah-capai-1-880-ka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.