ANALISIS PERUNDUNGAN PADA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Dinar Rurumingratni, Stevanny Chintia Hendryan, Nabila Rahma Putri, Muhammad Ihsan Hilmi Panigoro, Diana Angelicha, Oktafiani Permata Dewi, Indra Badruddin, Ferio Santana, Alessandra Christie, Eddy Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan perundungan yang terjadi pada lingkungan pendidikan di Indonesia dan dampak perundungan bagi korban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk Google Forms yang disebar secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 14 orang dari 20 orang responden menjadi korban perundungan dalam bentuk verbal, fisik, bahkan sampai pelecehan seksual. Mayoritas korban perundungan pernah melakukan perlawanan kepada pelaku perundungan. Hasil penelitian membuktikan bahwa perundungan terjadi di lingkungan pendidikan dan dialami oleh anak-anak SD, SMP, SMA, bahkan sampai tingkat universitas. Perundungan juga berdampak bagi korban, yang mengakibatkan beberapa korban perlu mendatangi psikolog dan psikiater.

Kata kunci : Perundungan, Lingkungan Pendidikan, Indonesia


References


American Psychological Association. (t.t.). Bullying. Diambil 15 Juni 2023, dari https://www.apa.org/topics/bullying

Astuti, Ponny Retno. (2008) Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan pada Anak. PT. Grasindo.

Budiyanto. (2023, Mei 23). 5 Fakta Kasus Siswa Kelas 2 SD di Sukabumi Tewas Dikeroyok Teman Sekolahnya, Ada Retak di Tulang Dada Korban. https://regional.kompas.com/read/2023/05/23/093300578/5-fa kta-kasus-siswa-kelas-2-sd-di- sukabumi-tewas-dikeroyok-teman-sekolahnya

Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak. PT. Ikrar Mandiriabadi.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Soedjatmiko, Nurhamzah, W., Maureen, A., & Wiguna, T. (2013). Gambaran bullying dan hubungannya dengan masalah emosi dan perilaku pada anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 15(3), 174–180.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Yayasan Semai Amini. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak (A. Nusantara, Ed.). PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.