PERAN SEKTOR PENDIDIKAN DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN UPAYA REVITALISASI SEBAGAI BAGIAN DARI CINTA TANAH AIR

Aviery Aji Pratama, Naufal Ammarsyah, Achmad Kasyful Ghiva, Sihotang Andreas Gamaliel, Alief Guntur, Wahyudin Wahyudin, Gunawan Saputra, Laurencius Johanes Munte, Agung Prasetyo, Rezha Meindra Ditama, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Dalam penelitian kami melihat kurangnya peran aktif dari masyarakat institusi pendidikan dalam mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Serta sarana dan prasarana yang kurang memadahi serta aspek aspek yang kurang melengkapi seperti tempat pembuangan sampah dengan kapasitas yang kurang memadahi dan kurang bersih pengamatan dan pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi di lingkungan pendidikan, baik di dalam kelas maupun di lingkungan kampus. hasil dari penelitian ini adalah ternyata masih kurang optimalnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh institusi, serta sistem pengelolaan sampah yang kurang baik dapat disimpulkan bahwa sektor pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pelestarian lingkungan dan revitalisasi sebagai bentuk cinta terhadap tanah air. Melalui pendidikan, mengembangkan pola pikir dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi memiliki peran utama dalam menyampaikan pengetahuan dan nilai-nilai lingkungan kepada mahasiswa.

Kata kunci : Lingkungan Sehat, Pelestarian lingkungan, Cinta Tanah Air


References


Oktarini, Henrita. (2014). Partisipasi Masyarakat Dalam PelestarianLingkungan Berbasis Komunitas. Pelaksanaan Program Kali Bersih oleh Paguyuban Bendolole Asri di Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. (Skripsi tidak dipublikasikan). Ilmu Administrasi Negara. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Kollmuss, Anja. & Agyeman, Julian. (2002). Mind The Gap: Why Do People Act Environmentally Andwhat Are The Barriers To Pro-Enviromental Behavior. Environmental Education Research, 8(3). Carfax Publishing, USA

Yanuarti, Setyo. (2020). Revitalisasi Budaya Melalui Permainan Musik Angklung untuk Menunjang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(1). Department of Early Childhood Education STKIP Muhammadiyah Kuningan, Bandung.

Barualogo, Ihsana Sabriani. (2004). Revitalisasi Pendidikan Indonesia Guna Meningkatkan Kualitas Bangsa. [Artikel Online]. Diakses dari https://www.neliti.com/

Karim, Abdul. (2017). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup berbasis Humanisme Pendidikan Agama. Edukasia, 12(2). Institut Agama Islam Negeri Kudus, Semarang.

Apriana. Dhea . (2023, 12 Juni). Adiwiyata, Peran Sektor Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Pelestarian Lingkungan [Artikel Online]. Diakses dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Subitmele, Silvia Estefina . (2022, 29 November). Revitalisasi Adalah Proses Menghidupkan Kembali, Ketahui Definisi dan Contohnya

[Artikel Online] .Diakses darii https://www.liputan6.com/

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Alkhairaat, Palu

Nurlaeli, Lili & Andriana, Ria (2013). Lingkungan yang bersih dan sehat. Bogor:Yudhistira.

Setiawan, Ahmad (2008). Lingkungan bersih tubuh sehat Bandung:Acarya Media Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.