KASUS PERUNDUNGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 112 DI JAKARTA UTARA

Ahmad Davin Aditya, Ahmad Hoyidir, Fakhur Rozi, Atalya Berniken, Virginia Jovani, Endhin Dikas Dreita Dea Ikawang, Wulan Melinda Nubatonis, Renia Nuraisy, Hani Septiani, Ericka Najla Sabila

Abstract


Penelitian ini berfokus pada deskripsi kasus perundungan di SMPN 112 Jakarta Utara, suatu isu yang sering kali diremehkan atau dianggap biasa di lingkungan sekolah. Tujuannya adalah untuk mengungkap jenis-jenis perundungan, faktor-faktor yang memicu perilaku tersebut, dan dampaknya. Dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan berbagai pihak yang terlibat, termasuk pelaku dan korban perundungan, guru, dan kepala sekolah. Observasi juga dilakukan untuk memahami alasan di balik perilaku perundungan dan dampak yang dialami oleh korban. Data penelitian berasal dari berbagai sumber, termasuk kepala sekolah, guru, serta siswa yang terlibat, baik sebagai pelaku maupun korban perundungan. Hasil Penelitian ini menunjukan alasan perilaku perundungan dan dampak bagi korban perundungan yang mengalami bullying verbal yaitu mengejek bentuk tubuh pada masa pubertas karna ciri fisik yang lebih dulu terlihat dibanding teman sebayanya. Dampak yang dialami dari korban perundungan yaitu kurangnya rasa percaya diri ,menjadi anti sosial,dan mengalami kesehatan mental hingga beberapa kali yang mengharuskan korban untuk terapi ke psikolog dan tentunya menghambat proses belajar siswi di sekolah.

Kata Kunci : Perundungan, sekolah, dampak


References


DARMADI, D. R. HAMID, and M. Pd. 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.

Harahap, Erlina, and Nor Mita Ika Saputri. 2019. “Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di SMA Negeri 1 Barumun.” RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 4(1):68– 75.

Mayasari, Amiirohana, Syamsul Hadi, and Dedi Kuswandi. 2019. “Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar Dan Upaya Mengatasinya.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4(3):399–406.

Mufrihah, Arina. 2016. “Perundungan Reaktif Di Sekolah Dasar Dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah.” Jurnal Psikologi 43(2):135–53.

Setiawan, Hari Harjanto. 2018. “Pengembangan Sistem Peringatan Dini Perundungan Pada Pelajar Di Kota Pangkalpinang.” Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial 7(2):62–78.

Tang, Indo, Wido Supraha, and Imas Kania Rahman. 2020. “Upaya Mengatasinya Perilaku Perundungan Pada Usia Remaja.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14(2):93– 101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.