MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA DAN GURU DI SDN TANAH SERREAL 03 JAKARTA BARAT

Laura Sarania, Leniyati Leniyati, Citra Amelia, Anandya Handini, Jilan Salsabila, Stefeny Stefeny, Wempy Chandra, Irham Yusuf Nugraha, Muhammad Kiemas Bryan Alvidi, Anisa Rahmah Hadiati, Ni Nyoman Sudiani

Abstract


Toleransi dalam lingkungan sekolah dapat berupa saling menghargai perbedaan dalam berpendapat, tidak memaksakan kehendak dalam mempelajari maupun melaksanakan kegiatan agama masing – masing dan mampu menghargai setiap penghuni sekolah yang ada. Guru sebagai tenaga pendidik dalam hal ini pun juga memiliki peran penting dalam menanamkan setiap perilaku siswa dan mampu juga bersikap demokratis agar setiap siswa mendapatkan perlakuan yang sama.Penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan dialektif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun langkah-langkah penelitian dapat ditemukan melalui Mendefinisikan Tujuan penelitian, Merancang Metode Penelitian, Pengumpulan Data, Analis Data, Interpretasi dan Temuan, Penyusunan Laporan Penelitian.Dengan adanya pengenalan dan pemahaman yang lebih baik mengenai keanekaragaman budaya, siswa dan guru dapat mengembangkan sikap toleransi dengan baik. Seperti pendapat Roosevelt Thomas bahwa “Keberagaman dapat terjadi dalam berbagai cara, tidak hanya berupa ras dan gender, tetapi juga umur, orientasi seksual, latar belakang pendidikan dan asal geografis.”Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan yang ditanamkan oleh guru tidak hanya bertujuan agar siswa pandai dalam setiap pelajaran yang dipelajari tetapi juga mampu memahami perbedaan yang ada. Hal yang juga digunakan agar menumbuhkan pemahaman mengenai toleransi seperti mengenalkan keragaman budaya melalui pelajaran seni budaya.

Kata Kunci: Sikap toleransi di dunia Pendidikan


References


Anshari, M. (2020). MENGAWASI PERILAKU INTOLERANSI DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 1(2).

Embong, M. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL. Jurnal Kependidikan Media, 10(2).

Gunawan, H. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER KONSEP DAN IMPLEMENTASI (5th ed.). Alfabeta.

Hanim, F. (2018). UPAYA PENINGKATAN SIKAP MENGHARGAI ORANG LAIN MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI PADA ANAK DI RA BABUL ILMI RANTAUPRAPAT.

Kreitz, P. A. (2008). BEST PRACTICES FOR MANAGING ORGANIZATIONAL DIVERSITY. Journal of Academic Librarianship, 34(2), 101–120. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2007.12.001

Muawanah. (2018). PENTINGNYA PENDIDIKAN UNTUK TANAMKAN SIKAP TOLERAN DI MASYARAKAT. Vijjacariya, 5(1).

Sulistiyowati, G., & Afkari, M. E. (2020). MODEL NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMAN 8 KOTA BATAM.

Suryaningsih, S. (2019). PERANAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN.

Tilman, D. (2004). PENDIDIKAN NILAI UNTUK KAUM DEWASA-MUDA. Grasindo.

W.J.S Poerwadarminta. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.