PERAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SISWA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA

Puspita Chairun Nisa, Rima Ramadhanti, Putri Mutia Maharani, Reza Gita Savitri, Venisa Venisa, Athiyah Hana Notavia, Fitria Dewi, Nisa Maulidya Zahra, Ratna Sugiarti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi peranan pendidikan lingkungan hidup dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan siswa sekolah Adiwiyata. Penelitian berlangsung di SMKN 60 Jakarta, sebuah sekolah dengan program Adiwiyata, dan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara terstruktur. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang terlibat aktif dalam program Adiwiyata menunjukkan tingkat kesadaran lingkungan yang signifikan. Mereka aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan menerapkan perilaku berkelanjutan, seperti pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan pemilahan sampah. Program Adiwiyata memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan siswa dan partisipasi mereka dalam kegiatan lingkungan di sekolah. Penelitian ini menyarankan agar upaya dalam meningkatkan pendidikan lingkungan hidup terus dilakukan, dengan melakukan pemantauan dan evaluasi secara rutin. Selain itu, para siswa diharapkan didorong untuk aktif berperan serta dalam kegiatan lingkungan di sekolah.

Kata kunci: kesadaran lingkungan, program Adiwiyata, sekolah, partisipasi siswa


References


Bidin, Jainal, Erwina Azizah Hasibuan, Ilmu Komputer, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan, dan Penulis Korespodensi. 2022. “Pentingnya kesadaran untuk peduli untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):59–65. doi: 10.1234/jurnal%20nauli.v1i3.921.

Anastya Zalfa, Anastya Zalfa, Alya Shobihah, dan Abdul Fadhil. 2022. “Peranan lingkungan sekolah terhadap penguatan karakter peduli lingkungan siswa sman 111 jakarta.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2):835. doi: 10.26418/j-psh.v13i2.54803.

Dasrita, Yanti, Zulfan Saam, Bintal Amin, dan Yusni Ikhwan Siregar. 2015. Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata.

Dendy, Mohammad. 2017. Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung 25.

Desfandi, Mirza. 2015. “Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata.” sosio didaktika: Social Science Education Journal 2(1). doi: 10.15408/sd.v2i1.1661.

Indrianeu, Tineu, dan Diterima Tanggal. 2020. Model sekolah adiwiyata dalam meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan di smp negeri 10 tasikmalaya. Vol. 1.

M, Jen Ismail. 2021. “Pendidikan karakter peduli lingkungan oleh MJ Ismail 2021.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(1):59–68.

Nur Arifin, Astrie, Niken Ayu Rosidah, Ridwan Tri Fauzan, Rahma Pinasti, Rizky Aulia Barokah, Shoffy Izzatur Rahmah, Anisa Suciati, dan Rismawati Rufaidah. 2022. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat lp UMJ pelestarian lingkungan sekolah sdn margahayu xix bekasi.

Tompodung, Tirza Carol Gracia, Siti Badriyah Rushayati, dan M. Nur Aidi. 2018. “Efektivitas program adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan warga sekolah di kota depok.” Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management) 8(2):170–77. doi:10.29244/jpsl.8.2.170-177.

Vindriyana, Ranita, Manajemen Pendidikan, dan Jurusan Administrasi Pendidikan. 2017. Upaya sekolah dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa melalui ekstrakurikuler kplh di sman 2 temanggung the school efforts in forming of student enviromentally caring attitude through kplh extracurricular in sman 2 temanggung. Vol. 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.