IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN MORAL SEBAGAI UPAYA MENGATASI DEKADENSI MORAL DI SMKN 1 KABUPATEN TANGERANG

Setiyawan Hendrayana, Ayu Faraghita, Vira Desvita Putri, Visi Arya Gemilang, Glori Septiani Manalu, Inayati Amini, Amirah Batisyia Sajidah, Erlina Anggun Hapsari, Nia Puspita Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran moral tentang pengembangan pemahaman tentang pentingnya etika dalam pembentukan perilaku yang baik dan dampak positifnya bagi individu dan masyarakat di SMKN 1 Kabupaten Tangerang. Bahan penelitian yang digunakan dalam mencakup hasil survey dan observasi yang telah dilakukan yaitu data jawaban responden yang mengisi kuesioner, yaitu pelajar dan mahasiswa/I dan data pengguna website yang di peroleh dari google form. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah handphone, dan laptop. Waktu yang digunakan peneliti untuk penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni 2023–26 Juni 2023. Tempat penelitian adalah tempat dimana peneliti akan melakukan penelitian, dalam hal ini peneliti mengambil lokasi di SMKN 1 Kab. Tangerang yang berlokasi di Perumahan Mekar Asri 1 Peusar. Teknik eksplorasi yang digunakan adalah strategi ikhtisar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jenis-jenis penyimpangan moral yang dialami siswa SMKN 1 Kab. Di Tangerang, yang sering dijumpai adalah masih banyaknya siswa yang tidak mengindahkan tata tertib sekolah, mengeluarkan kata-kata kasar, kurang hormat dan sopan santun, melecehkan, tawuran antar siswa, dan cara berpakaian yang awut-awutan. Tugas Pendidik dalam Menaklukkan Kebobrokan Etika Siswa di SMKN 1 Kab. Tangerang, khususnya para pendidik pada umumnya memberikan arahan, pengarahan, arahan, dan pemberian kuasa kepada siswa SMKN 1 Kab. Tangerang menghadapi kecerobohan moral. Pernyataan ini bisa diartikan bahwa belum semua instruktur menjalankan tugasnya di SMKN 1 Kab. Tangerang dengan keseriusan atau efisiensi yang tinggi, yang mengakibatkan apa yang disebut dengan anomali fungsi guru.

Kata kunci : Pendidikan, Moral, Dekadensi, Sekolah


References


Dea Kantri Nurcahya (2019), Analisis Dekadensi Moral Dalam Proses Pembelajaran PPKn.

Drs. Zulkifli L. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fauzi, A. (2021). Pentingnya Implementasi Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 92-103.

Harjanto, T. (2021). Implementasi Pendidikan Moral sebagai Upaya Mencegah Dekadensi

Hasanah, U., & Rosyid, S. A. (2019). Efektivitas Implementasi Program Pendidikan Moral dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 68-82.

Kristiani, I., & Ismiyati, F. (2022). Model Pembinaan Karakter dalam Mencegah Dekadensi Moral di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 117-130.

Masrukin, S. (2018). Modul Pembelajaran Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Dekadensi Moral Remaja. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Masykuri, M. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter sebagai Upaya Mengatasi Dekadensi Moral Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 137-150. Moral di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Kewarganegaraan, 7(1), 91-102.

Nurul Zuriah, 2007, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Prespektif Perubahan, Malang: Bumi Aksara.

Puspa, I. (2018). Efektivitas Program Pendidikan Moral dalam Menumbuhkan Karakter Moral Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(1), 1-13.

Santoso, H., & Wiyono, B. (2019). Efektivitas Program Pendidikan Moral dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Moral dan Budi Pekerti, 4(2), 126-138.

Sari, R. P. (2017). Pengaruh Pendidikan Moral terhadap Perilaku Moral Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(3), 281-293.

Setiawati, E., & Rosyid, S. A. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Mengatasi Dekadensi Moral di Era Digital. Prosiding Konferensi Nasional PGSD Universitas Muria Kudus, 2(1), 402-408.

Soekarjo, B. (2015). Pendidikan Moral: Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukmadinata, N. S. (2017). Landasan Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zubaedi. (2014). Dekadensi Moral dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.