TINDAKAN PERUNDUNGAN MAHASISWA KELAS PARALEL PADA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Syamsu Ridhuan, Febriano Mikael Leke Dhena, I Made Wisnu Wisnawa Putra, Dinar Setya Handika, Julius Hendra Putra, Karen Putri Damar, Syifa Rahmawati, Sherly Monica, Sutan Ivaldi Pratama, Nasya Rahmi Sagita, Jocelyn Charlotte Nitara, Freananda Freananda, Aldy Abidin

Abstract


Empat kejahatan pendidikan khususnya perguruan tinggi masih menjadi momok utama yang menunjukkan betapa rusak dan buruknya industri pendidikan khususnya di indonesia saat ini. Khususnya di bidang pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, kejadian bullying masih sangat marak terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, meneliti dan meningkatkan kesadaran tentang bullying. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Alasan peneliti menggunakan metode kualitatif adalah karena melalui data verbal yang diperoleh, peneliti dapat mengungkapkan informasi yang lebih dalam. Menurut penelitian, bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying elektronik, dan bullying relasional.perundungan dapat memberikan dampak psikologis yang serius pada korban. Permasalahan bullying di tingkat perguruan tinggi sudah seharusnya mengalami penurunan akibat dari semakin tingginya pemahaman dan pengendalian emosional setiap mahasiswa. Tetapi hal tersebut tidak selamanya menjamin tidak akan terjadinya kegiatan bullying di lingkup perguruan tinggi. Maka dari itu permasalahan inilah yang akan dirangkum serta dianalisis dan dievaluasi sehingga menjadi suatu pembahasan dan kesimpulan terkait perundungan di lingkungan perguruan tinggi kelas karyawan.

Kata kunci: perundungan, kekerasan, universitas, kelas karyawan, psikologi


References


Kemenpppa. 2022. “Ratas Bullying KPPPA.” 2022. Diakses dari link: https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf.

KPAI. 2019. “Kasus Bullying Dan Pendidikan Karakter.” Publikasi. 2019. Diakses dari link: https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter.

Lund, E. M., & Ross, S. W. 2017. “Bullying Perpetration, Victimization, and Demographic Differences in College Students: A Review of the Literature. Trauma, Violence, & Abuse” 18: 348–60. https://doi.org/10.1177/1524838015620818.

Riauskina, I.I., Djuwita, R., dan Soesetio, S.R. 2005. “‘Gencet-Gencetan’ Dimata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif Tentang Arti, Scenario, Dan Dampak ‘Gencet-Gencetan.’” Jurnal Psikologi Sosial 12: 1–13.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif Dan R&D.” Bandung Alfabeta.

Susanti, Inda. 2006. “Bullying Bikin Anak Depresi Dan Bunuh Diri.” Online. http://www.kpai.go.id/mn_access.php?to=2artikel⊂=kpai_2-artikel_bd.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.