KLASIFIKASI TINDAKAN DISKRIMINASI DI DUNIA PENDIDIKAN (TIGA DOSA BESAR PENDIDIKAN)

Sugeng Baskoro, Ahmad Kurnia Fahmi, Eko Susanto, Muhamad Fajar Saputra, Khoirul Dwi Anam, Mas Darwis, Muhammad Kano Rivera, Taryono Taryono, Darmanto Darmanto, Femil Fadliansyah

Abstract


Klasifikasi diskriminasi ini sangat perlu dilakukan. Dikarenakan hal yang paling mendasar dalam upaya pencegahan Tindakan diskriminasi yang berkelanjutan adalah mengenal dan memilah kasus-kasus atau memahami batasan dari Tindakan diskriminasi itu sendiri. Akhir-akhir ini masalah diskriminasi banyak mendapatkan perhatiaan dari masyarakat, selain terjadi pada lingkungan masyarakat, diskriminasi juga terjadi di sekolah, sejak sepuluh tahun terakhir berbagai bentuk diskriminasi Pendidikan telah terjadi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tindakan diskriminasi peserta didik di sekolah, penelitian ini merupakan kualitatif, subjek penelitian adalah siswa sekolah yang mengalami atau mengetahui tindakan diskriminasi di sekolah, pengumpulan data dilakukan dengan berbagai teknik, observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi, dll.

Kata Kunci : Intolerasi, Perundungan, Kekerasan Seksual


References


Firdaus, Firdaus, Sulfasyah Sulfasyah, and Hanis Nur, “Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil”, Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6.1 (2019).

H.A.R. Tilaar, “Multikulturalisme, Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional”, Jakarta : Grasindo, 2004.

Supriatin Atin, Aida Rahmi Nasution, “Implementasi pendidikan multikultral dalam praktik pendidikan di Indonesia.” Elementary, 3.1, (2017). Karmila Dkk, Diskriminasi Pendidikan di Indonesia EDUCASIA, Vol. 6 No. 3, year 2021, www.educasia.or.id, e-ISSN: 2527-5011, p-ISSN: 2502-9150 203.

Faoziah, Niswatin. “Peran Dan Tantangan Pengembangan Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural Di Pesantren Sunan Pandanaran.” Kajian Islam Interdisipliner 1, no. 2 (2016): 197– 226.

Hidayah, Nafis Nailil. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al - Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” 2 (2018): 6–7.

Julaiha, Siti. “Internalisasi Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam.” Dinamika Ilmu 14, no. 1 (2014): 109–22. https://core.ac.uk/display/236643153?utm_source= pdf&utm_medium=banner&utm_ campaign=pdfdecoration-v1.

Ningsih, Yenni Eria, and Abdul Rohman. “Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0.” UNWAHA Jombang 1, no. September (2018): 44–50.

Nugraha, Dera. “Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan) 1, no. 2 (2020): 140. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809.

Nur, Hanis. “Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil Dibandingkan Dengan Negara Lainnya . Tidak Hanya Itu , Di Indonesia Juga Terdapat Perbedaan.” Journal Sociology of Education 6, no. 1 (2018): 33–43.

Nur Latifah, Arita Marini, and Arifin Maksum. “Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka).” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6, no. 2 (2021): 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.

Suharsono, Suharsono. “Pendidikan Multikultural.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 13–23. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3.

Wahdatunnisa, IDa Farida, Fachrul Ghazi, Ahmad Muthohar, Ida Farida, and Siti Khadijah. “Pendidikan Multikulturalisme.” FENOMENA IV, no. 2 (2019): 163–86.

Zamroni. “Multicultural Education As an Effort To Build Unity and Nationality Through Education.” Proceeding 1st International Conference on Education and Islamic Culture, no. September (2017): 163–76.

Zamroni, Mukhamad Ilyasin, Hasan Baharun, and Moch Tohet. “Multicultural Education in a Religious Life: Developing Harmony among Religions in Southeast Asia.” Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, no. August (2020): 3791–3801.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.