MELAWAN PERUNDUNGAN MEMBANGUN BUDAYA YANG AMAN DAN SALING MENGHORMATI

Salman Rafi Gymnastiar, Mohamad Ramdani Yumansyah, Bagus Ibrahim, Anggie Dwie Maulana Fahrejie, Adam Surya Budiansyah, Muhammad Zayyad Khairy, Gatot Hendra Kusuma Wardana, Jeremy Steven Due Stains, Daniel Laira Pratama

Abstract


Perundungan di sekolah merupakan fenomena yang terus dilawan. Sekolah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku positif siswa. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menekankan pentingnya menciptakan suasana belajar yang memungkinkan peserta didik mengembangkan potensi diri secara aktif. Penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang bebas dari bullying agar siswa dapat belajar tanpa takut atau terancam. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perundungan (bullying) bagi siswa SMP Negeri 270 Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus, responden yang dilibatkan terdiri atas guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner.


References


Rahmawati, Sri W. "Peran iklim sekolah terhadap perundungan." Jurnal Psikologi 43.2 (2016).

AFRIYENI, Nelia, et al. Perundungan maya (Cyber Bullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight, 2017.

RASTATI, Ranny. Bentuk perundungan siber di media sosial dan pencegahannya bagi korban dan pelaku. Bandung Institute of Technology, 2016.

BASTOMI, Hasan; HIDAYAH, Sri Noor Mustaqimatul. Fenomena Perundungan Di Sosial Media: Telaah Dampak Perundungan Bagi Remaja. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2019.

JUWITA, Vita Ratna; KUSTANTI, Erin Ratna. Hubungan antara pemaafan dengan kesejahteraan psikologis pada korban perundungan. Jurnal Empati, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.