INTOLERANSI PADA KARYAWAN PERUSAHAAN PT. XYZ DI KOTA BEKASI

Aking Suparto, Mokhammad Firman Nur Abdulloh, Ridho Baqo Ramadhan, Wilton Tamba, Ahmad Mustopa, Muhaikhal Yusuf Salman, Dikky Prasastio, Riska Dwi Amanda, Joko Widarto

Abstract


Penelitiannya menganalisis masalah intoleransi dan tindakan guru, pekerja, dan siswa. Untuk mengetahui apakah sistem pendidikan Indonesia mengikuti prosedur yang berlaku. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian menunjukkan adanya kecenderungan penurunan toleransi di Indonesia. Salah satu sikap yang mengarah pada nilai intoleransi adalah maraknya gerakan radikal, berita bohong (palsu) dan persekusi. Sudah di bangku SMA, nilai intoleransi berupa diskriminasi berdasarkan bullying, agama, ras, dan lainnya. Hal ini menunjukkan masih adanya kekurangan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila yang menumbuhkan sikap intoleran di kalangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pencegahan intoleransi melalui penguatan pendidikan pan-asil dan faktor pendukung berjalan serta apa saja batasan penguatan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengacu pada produksi informasi deskriptif berupa informasi tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati.

Kata Kunci: Perilaku; Intoleransi; Lingkungan Kerja


References


Naim, N, (2016). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Media.

Gunawan, R., Prihanto, S., & Yuwanto, L. (2009). Causes and The Intensity of Workplace Bullying. Anima, Indonesian Psychology Journal, 25 (1): 47-54.

Halimah, S. (2018). Memangkas Paham Intoleran dan Radikalisme melalui Pembelajaran Agama Islam yang Bervisi Rahmatan Lil Alamin: Memangkas Paham Intoleran dan Radikalisme melalui Pembelajaran Agama Islam yang Bervisi Rahmatan Lil Alamin. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 3(2), 130-148.

Lestari, D. T., Rahardjo, M., & Dewanti, N. A. Y. (2018). Hubungan Paparan Panas Dengan Tekanan Darah Pada Pekerja Pabrik Baja Lembaran Panas. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(6), 79–86.

Wijaya, S. H. B., BM, M., & Anshori, M. (2013). Media Massa dan Intoleransi Beragama (Studi Kasus tentang Wacana Intoleransi Beragama pada Surat Kabar Lokal di Kota Surakarta Tahun 2012). Jurnal Komunikasi Massa, 6(2), 175–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.