PENGARUH BULLYING TERHADAP PENDIDIKAN BERKUALITAS PADA REMAJA BERUMUR 17-18 TAHUN DI KOTA BEKASI

Aulia Kayla Alzahra, Joko Widarto, Friska Fricillia Samudra

Abstract


Bullying ialah sebutan yang memberikan penggambaran terkait aksi ataupun tingkah laku yang agresif individu ataupun segolongan individu. Bullying ialah semua wujud yang menindas ataupun kekerasan yang dilaksanakan individu ataupun segolongan individu yang lebih kuat ataupun memiliki kuasa dengan kesengajaan pada individu lainnya, yang bertujuan guna menyakiti serta dilaksanakan dengan cara yang berkelanjutan. bahwasanya bullying akan merusak mental korban dan akan mengganggu proses belajar korban di dalam kelas, hal ini juga yang akan menghambat dan mencegah terwujudnya Pendidikan berkualitas di Indonesia. Penulis melakukan pengamatan secara langsung mengenai lingkungan sekolah yang menjadi survei kegiatan bullying. Penulis juga melakukan kuesioner terbuka dimana remaja dapat memberikan jawaban sesuai dengan keinginannya. Walaupun, ada kelemahan menggunakan kuesioner terbuka ini, dan data yang diperoleh termasuk kedalam kelompok data primer yang dimana data tersebut diperoleh dari para remaja. Target yang diperlukan kami untuk memenuhi data adalah remaja berumur 17 – 18 tahun di Kota Bekasi serta Hasil survei yang telah kami lakukan menghasilkan 50 remaja yang mencantumkan sebuah indentitas-identitas remaja yang sudah kami tujukan untuk penelitian ini. Sekitar 88% dari hasil remaja tersebut pernah melihat dan mengalami pembully’an disekolahnya. bullying akan merusak mental korban dan akan mengganggu proses belajar korban di dalam kelas, hal ini juga yang akan menghambat dan mencegah terwujudnya Pendidikan berkualitas di Indonesia.

 

Kata kunci : Perundungan, Pendidikan Berkualitas, Remaja

 


References


USER. (2018). “Pendidikan kesehatan melalui audiovisual terhadap tingkat pengetahuan dan norma subyektif remaja tentang bullying. BAB I.pdf, 7.

Youmi, D. (2013). “Penerapan Strategi Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri Prawit II Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013”. 3._BAB_I.pdf, 8.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. journal.unnes.ac.id, 52-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.