DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN PANONGAN 1 (PANONGAN KABUPATEN TANGERANG)

Panji Jaya Sutra, Adam Bagaskara, Resky Restandi Maulana, Hazarul Sutoto, Wahyu Wahyu, Reivandy Alvito Maurico Sitompul, Steven Saleh

Abstract


Dalam dunia pendidikan, perundungan di kalangan siswa sekolah dasar telah menjadi isu yang semakin mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak perundungan terhadap prestasi belajar siswa di SDN Panongan 1. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara observasi dengan para guru di SDN Panongan 1. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa perundungan meskipun frekuensinya terbatas memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dari temuan penelitian, ditemukan bahwa perundungan berhubungan dengan penurunan kepercayaan diri siswa dan motivasi belajar yang rendah. Siswa yang menjadi korban perundungan cenderung mengalami penurunan konsentrasi dan partisipasi di kelas, bahkan ada yang menghindari kehadiran di sekolah. Hal ini mengakibatkan gangguan pada interaksi sosial dan kemampuan mereka untuk belajar secara kolaboratif. Meskipun perundungan tidak berdampak signifikan pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah atau berpikir kritis, namun penelitian ini menekankan pentingnya peran lingkungan sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Guru-guru di SDN Panongan 1 telah mengimplementasikan langkah-langkah untuk mengatasi dampak perundungan terhadap prestasi belajar, termasuk dengan membentuk komite khusus yang menangani masalah perundungan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak perundungan terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Temuan ini mendorong penerapan kebijakan dan program pencegahan perundungan yang efektif serta peningkatan dukungan sosial dan emosional bagi siswa yang menjadi korban. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengatasi masalah perundungan dan meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Panongan 1 serta memberikan wawasan bagi pendidik, orang tua, dan pihak terkait lainnya dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.

Kata Kunci: stres akademik, prestasi, siswa, perundungan, lingkungan belajar


References


Saputra, A. D. (2017). Dampak perundungan terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 3(2), 112-121.

Yulianto, A., & Suwandi, S. (2019). Hubungan perundungan dengan prestasi belajar siswa kelas VI sekolah dasar. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(2), 71-79.

Prasetyo, D. A. (2016). Perundungan (bullying) dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 98-107.

Suci, Ramadhani Nasution. 2016. “Hubungan Stres Akademik dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto”. Diploma Thesis, Universitas Andalas

Thaib. 2013. “Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional”. Jurnal Ilmiah Didaktika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.