PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER UNGGUL DALAM MENGATASI KASUS INTOLERANSI DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Eveline Susanto, Mita Sintiya Putri, Wardah Rasikhah Sucipto, Yesha Yesha, Nurwasilah Huwaida, Feni Andriani, Vania Aurora Zahra, Wilda Fadilla Akmal, Vanessa Karolina, Imelda Prisccila Purmadita

Abstract


Keberagaman suku, ras, agama, dan golongan memungkinkan munculnya etnosentrisme, dimana individu merasa bahwa kelompoknya lebih baik dari kelompok lain sehingga menimbulkan intoleransi. Dalam menjalankan perannya, Universitas Esa Unggul mengadakan sebuah mata kuliah bernama Pendidikan Karakter Unggul. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul berperan penting dalam mengatasi kasus intoleransi di Universitas Esa Unggul.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dengan bentuk google form. Di mana proses penyebaran kuesioner dilakukan dengan memberikan link form kepada mahasiswa Universitas Esa Unggul dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kasus intoleransi. Peneliti menggunakan jawaban 30 orang responden.

Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian mahasiswa Universitas Esa Unggul masih ada yang mengalami sikap intoleransi, seperti membeda-bedakan ras, suku, dan agama di dalam kelas. Adanya mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul memberikan peran penting bagi mahasiswa dalamĀ membahas permasalahan intoleransi yang terjadi di lingkungan pendidikan dan mengajarkan bagaimana cara untuk mengatasi kasus intoleransi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, diharapkan dengan mempelajari mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul ini dapat menciptakan generasi muda berkarakter unggul untuk menjadi warga negara yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kata Kunci: Mahasiswa, Intoleransi, Pendidikan Karakter Unggul

References


Fadli, R,M. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Kemdikbud. (2017, 17 Juli). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Kemdikbud. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi- pintumasuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Rahmawati, Dian. (2016, 25 Februari). Upaya Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi Untuk Lingkungan Kampus. SCRIBD. Diakses dari https://www.scribd.com/doc/300364917/Upaya-Pencegahan-Radikalisme-Dan-Intoleransi-Untuk-Lingkungan-Kampus#

Sari, I,K., & Aggraini, Mimi. 2021. Intoleransi Menurut Tokoh Agama Islam dan Kristen. Studia Sosia Religia, 4(1).

Subagyo, Agus. 2020. Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan, 6(1).

Tholkhah, Imam. 2013. Potensi Intoleransi Keagamaan Siswa Sekolah Di Jawa dan Sulawesi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.