LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM MENANGGULANGI BERITA HOAX DI NEGARA INDONESIA

Reza Fauzi Ramadhan, Vigo Prisandi Yudha, Muhammad Ferly Librian, Hery Febrianto, Muhacidin Ishaq, Leonard Victory Napitupulu, Raichansyah Panca Pamungkas

Abstract


Penelitian ini menganalisis fenomena berita atau informasi hoax yang sedang maraknya beredar di sosial media terutama di negara Indonesia ini. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara yang menargetkan ke masyarakat sipil, pekerja atau mahasiswa yang aktivitasnya menggunakan sosial media. Pendekatan yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi sedetail mungkin dari respondent dan mendokumentasikannya berupa foto atau video sebagai bukti penelitian. Menggunakan analisa kualitatif yang memfokuskan dalam sebuah kata-kata dari data lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sudah banyak masyarakat yang pernah menerima berita atau informasi hoax yang disengaja ataupun tidak disengaja. Dengan berkembang teknologi digital informasi dan komunikasi membuat hoax dapat beredar dengan cepat di media sosial, karena tidak adanya aturan yang mengekang dalam penulisan sebuah informasi atau berita di media sosial. Oleh karena itu menanggulangan berita hoax perlu dilakukan supaya tidak timbul ujaran kebencian atau kebohongan di media sosial dengan melaporkannya ke pihak berwajib.

Kata kunci: hoax, berita, sosial media, informasi, masyarakat


References


Dahlan, M. A. (2017, 1 11). Hoax merupakan kabar yang direncanakan. (Ilham, Interviewer) Diakses pada Sabtu, 10 Desember 2022 Pukul 11.20 WIB

Edi, F. R. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: LeutikaPrio. Diakses pada Sabtu, 10 Desember 2022 Pukul 12.00 WIB

Hardjowirogo. (1984). Kebebasan penerangan landasan operasi media massa. Jakarta: Djambatan. Diakses pada Sabtu, 10 Desember 2022

Pukul 17.00 WIB

Mahdi, M. I. (2022, februari 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/peng guna-media-sosial-di-indonesia-capai- 191-juta-pada-2022. Diakses pada Sabtu, 10 Desember 2022 Pukul 17.15 WIB

Milenia, S. (2022, November 24). Waspada! BMKG: Isu Gempa Susulan Di Waduk Cirata Itu Berita Bohong Atau Hoax. Retrieved from Kompastv: https://www.kompas.tv/article/351974/wa spada-bmkg-isu-gempa-susulan-di-waduk-cirata-itu-berita-bohong-atau-hoax Diakses pada Minggu, 11 Desember 2022 Pukul 09.00 WIB

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV. Diakses pada Minggu, 11 Desember 2022 Pukul 09.20 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.