DAMPAK KASUS PERUNDUNGAN TERHADAP TERSELENGGARANYA PENDIDIKAN BERKUALITAS PADA SISWA/SISWI DI SMPN 200 JAKARTA

Bagus Setyo Nugroho, Jesen Candra, Ahmad Siddiq Fadhillah, Raihan Akmal Ibrahim, Haikal Zhillan Zhalila, Yoga Pratama, Andi Al Kautsar Mahurati, Arga Diandra Islamy Pasha, Yusuf Maulana, Nanda Laksana Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Menilai pengetahuan tentang bullying pada siswa/siswi di SMPN 200 Jakarta. 2.) Mengetahui dampak perilaku bullying di SMPN 200 Jakarta. 3.) Mengetahui cara mengatasi bullying di SMPN 200 Jakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu sikap siswa/siswi SMPN 200 JAKARTA dan dampak bullying yang merugikan bagi orang lain. Informan penelitian ini adalah sebanyak 50 siswa/siswi yang terdiri dari siswa/siswi kelas 7,8 dan 9 serta osis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1.) Siswa/siswi belum sepenuhnya paham dampak bullying yang merugikan bagi orang lain. 2.) Siswa/siswi belum sepenuhnya bisa membedakan mana yang termasuk tindakan bully. 3.) Tata tertib yang ada di SMPN 200 Jakarta masih kurang efektif mengatasi bully. Dapat diambil kesimpulan bahwa langka-langkah yang dapat diambil untuk menghapus tindakan bullying di lingkungan sekolah adalah mengedukasi dampak tindakan bullying kepada siswa dan siswi. Dengan demikian, para siswa dan siswi mengetahui apa saja dampak bahayanya tindakan bullying.

Kata kunci : Perundungan , Siswa/siswi, Pendidikan Berkualitas


References


Ahyar, H., & Dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Wiyani, N. A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, N. A. (2017). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.