LANGKAH STRATEGIS DALAM MENUMBUHKAN SMART KARAKTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT ROROTAN

Syfa Khairunnisa, Rafi Fauzi Destian, Wirdatul Isnaeni, Baskhoro Setyo Aji P, M Valerio Okan A, Galih Pamungkas, Fima Yardhaka Kabira, Rovy Sulistiyono, Naufal Farras Haryono

Abstract


Riset ini bermaksud mengetahui langkah strategis dalam menumbuhkan smart karakter di lingkungan masyarakat Rorotan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Riset ini merupakan penelitian lapangan dengan desain kualitatif. Metodologi riset ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan strategi yang digunakan mengingat penelitian tersebut sudah direncanakan secara terperinci dalam proposal sebelum peneliti terjun ke lapangan. Langkah-langkahnya meliputi 1) mengumpulkan narasumber melalui wawancara dengan warga setempat; 2) mereduksi data dengan maksud menyederhanakan dan mengkategorikan data; 3) menyajikan data dalam bentuk deskripsi rata-rata; 4) menarik kesimpulan; dan 5) menyusun laporan penelitian dan merumuskan rekomendasi berlandaskan temuan riset. Tujuan riset ini ialah mengetahui bagaimana langkah-langkah strategis dalam menumbuhkan kepribadian cerdas di masyarakat, serta unsur-unsur yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter masyarakat Rorotan. Menurut temuan analisis yang dilakukan, pembentukan karakter meliputi:belajar menghargai diri sendiri,bersikap ramah dan sopan terhadap sesama,aktif dalam kegiatan masyarakat,saling berinteraksi,toleran terhadap sesama.


Kata kunci : Karakter, Smart karakter, Masyarakat


References


Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan karakter : konsep dan implementasi. Bandung. Alfabeta.

Putriani, Ananda dan Larassaty, Suci. 2022. Penggambaran Karakter Tokoh Siswa Indonesia dalam Naskah Skenario Film Yowis Ben 1 Karya Bayu Skak, Bagus Bramanti, dan Gea Rexy. Jurnal Bahasa dan Sastra.

Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jawa Tengah, Indonesia.

Nugroho, D. D., Wahyono, G. D., & Yuliani, L. 2014. Smart Character Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa.https://media.neliti.com/media/ publications/170381-ID-smart-character-sebagai-upaya menumbuhka.pdf. (diakses pada 7 Desember 2022, 13.56 WIB)

Maharani, Deswita. 2021. Peran Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Islam. Banten, Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.