DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL DAN AKADEMIK SISWA MAN 1 KOTA BEKASI

Mutiara Ayu Humairoh, Salia Alfa Zahro, Rinaldi Imam Nugroho, Zalfa Kamila Salsabila, Caskha Agiandika Putra, Muhammad Fathan Nashrullah, Defira Rizqaharah, Audiva Zesya Brigita Aisirindika, Muhammad Sahrul Ramadhan, Davina Arzeta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan faktor–faktor yang menyebabkan perundungan terhadap perkembangan mental dan akademik siswa MAN 1 Kota Bekasi, serta mengidentifikasi peran guru dalam penanganan siswa yang terkena perundungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif mengutamakan pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke substansi makna dari fenomena tersebut. Pendekatan yang dilakukan dengan cara wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis kuantitatif fokusnya pada deskripsi dan dampak perundungan terhadap perkembangan mental dan akademik siswa. Data tersebut diambil dari hasil wawancara dengan beberapa narasumber dan penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak perundungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan akademik siswa di sekolah, fokus belajar siswa bisa menjadi turun, siswa takut untuk pergi ke sekolah dan siswa menjadi malas belajar, dampak ini sangat mempengaruhi nilai akademik mereka. Selain itu, dampak terhadap perkembangan mental mereka menjadikan mereka kurang percaya diri, trauma dan takut bertemu orang baru.

Kata kunci: perundungan, perkembangan mental, perkembangan akademik


References


Coloroso, B. (2007). Stop Bullying Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Pra Sekolah Hingga SMU.

GP, A. (2021, 12 25). Ada Tiga Dosa Besar Dunia Pendidikan, Ini Langkah Mendikbudristek Nadiem Makarim, (online) Diakses tanggal 13 Januari 2022 Pukul 11.50 WIB.

Makarim, F. R. (2022). Cara mencegahanakmenjadipelakubullying.

P5 Hari Kedua SMK Muhlibat Ulas Perundungan (2022, 11 25) Retrieved from smkmuh5babat.sch.id https://www.smkmuh5babat.sch.id/ 2022/11/25/p5-hari-kedua- smkmuhlibat-ulas-perundungan/ Diakses tanggal 13 Januari 2022 Pukul 12.15 WIB.

Positive, I. (2019, 09). Bullying: Pengertian, Peran, Faktor dan Jenis-Jenisnya. Retrieved from indopositive,org: https://www.indopositive.org/2019/ 09/bullying-pengertian-peranfaktor- dan.html?m=1 Diakses tanggal 13 Januari 2022 Pukul 13.45 WIB.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.