DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA DI PERUMAHAN DUTA HARAPAN BEKASI

Dziba Maulana Salaam, Khofifah Putri Cahyani, Dina Kusuma Sari, Muhammad Zainal Aadharul Amin, Andi Putri Shavira Masta, Putri Chairun Nisa, Deva Puspita Meiliana, Aliah Hadila, Salya Widya Sabrina, Ratna Pinasti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku perundungan pada masyarakat di perumahan Duta Harapan Bekasi. Untuk mendapatkan informasi seperti bahan dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terkait dengan gambaran perilaku perundungan di lingkungan masyarakat yaitu faktor perilaku perundungan yang ada pada warga, di antaranya adalah faktor keluarga yaitu kurangnya kasih sayang orang tua, perceraian orang tua, hubungan orang tua- anak yang buruk, dan faktor individu. Perilaku perundungan ditandai dengan adanya ketidakseimbangan kekuatan antar pihak, dapat berbentuk fisik, verbal, dan psikologis serta dilakukan berulang kali hingga menimbulkan rasa takut dan cemas. Dampak pada warga yang dirundung adalah kesejahteraan psikologis dan penyesuaian sosial yang buruk, yaitu banyak emosi negatif seperti kemarahan, kepahitan, lekas marah, tertekan, malu, sedih, tidak nyaman dan terancam tetapi tidak berdaya untuk menghadapinya menyebabkan warga merasa tidak nyaman dan kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial.

Kata Kunci: perundungan, masyarakat, lingkungan sosial


References


Afifah, Mahardini Nur. (2020). Judul "5 Dampak Sebutan Bodoh bagi Seseorang, Bisa Rusak Kesehatan Mental", (Online) Diakses tanggal 13 Januari 2021.

Basrowi Sukidin, Basrowi, Suranto. (2012). Manajemen Pendidikan Penelitian. Penerbit Insan cendekia.

Hanifah, A. (2021, 28 Desember) perundunganadalah-apa-saja-jenisnya-ini definisidan-dampaknya.

Surilena. (2016). Perilaku Bullying (Perundungan) pada Anak dan Remaja. CDK-236, 43(1), 35-38.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.