STRATEGI MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL HARAPAN INDAH DALAM MENANGGULANGI BERITA HOAKS DI MEDIA SOSIAL

Muhammad Hafizh Alkarim, Hansel Veriant Simon, Matthew Wiliem Wr, Chesterita Putri, Chika Tiara Pratiwi, Wanda Nur Azizah, Trista Karafel, Dhyara Lateefa Sumbogo, Tri Wahyu Utami, Imam Tri Setiawan

Abstract


Melihat kondisi negara Indonesia saat ini, sikap toleransi terhadap keberagaman agama, suku, ras, dan budaya menjadi masalah yang penting dan wajib diperhatikan untuk menjaga keutuhan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dapat membuat berita tersebar dengan cepat, berita yang tersebar bisa berupa berita fakta dan berita hoaks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mahasiswa mengenai berita hoaks, mengetahui pengaruh berita hoaks terhadap perilaku mahasiswa Universitas Esa Unggul Harapan Indah, serta mengetahui bagaimana cara mahasiswa menyikapi dan menanggulangi berita hoaks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu sikap mahasiswa Universitas Esa Unggul Harapan Indah dan dampak penyebaran terhadap berita hoaks di media sosial. Informan penelitian ini adalah salah satu dosen ilmu komunikasi, anggota BEM, serta 5 mahasiswa Universitas Esa Unggul Harapan Indah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kebanyakan mahasiswa pernah menerima berita hoaks, mahasiswa sudah cukup memahami mana yang termasuk berita hoaks atau berita fakta.   


Kata Kunci: strategi, hoaks, mahasiswa

References


Mastel.id. Retrieved from Hasil Survei Wabah Hoax Nasional 2019: https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2019/ diakses pada Rabu, 14 Desember 2022 Pukul. 16.00 WIB.

Rahadi, (2017). Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Malang: Unimer.

Septanto, H. (2018). Pengaruh Hoax dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime Dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Sains dan Tekonologi, 5(2), 157.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.