ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DI BCA KEBAYORAN BARU

Fina Juliana, Mista Sari, Tasya Khoirunnisa, Masyuni Masyuni, Sella Ade Lia, Masyitha Nur Affiifa, Kuntum Marsyahrani Priyanto, Ardita Priatni, Diandra Paramitha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan customer service serta menganalisis kelebihan dan kekurangan customer service BCA Kebayoran Baru. Metode yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan analisis suatu data untuk membangun hipotesis. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Oleh karena itu penelitian kualitatif tidak menekankan pada kesimpulan melainkan lebih ke makna. Kesimpulan dalam kualitatif dinamakan transferability yang berarti penelitian ini bisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan customer service BCA Kebayoran baru sangat memuaskan bagi para responden. Dalam penelitian ini tidak menunjukkan adanya kekurangan terhadap pelayanan customer service BCA Kebayoran Baru. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa customer service BCA Kebayoran Baru telah menjalankan peran dan tugasnya dengan baik dalam melayani nasabah.


Kata kunci : kepuasaan pelanggan; kualitas pelayanan; kelebihan dan kekurangan.


References


Christina, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah yang bertransaksi setoran tunai tahapan di BCA KCP Tamim Bandung (Skripsi).

Gunawan, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Nasabah Bank BCA KCU Dago Bandung) (Skripsi).

Ilahiah, Y. C. S. (2021). Customer Service (Pengertian, Skill yang Diperlukan, Hingga Tugasnya). Blog Gramedia Digital.

Junaedi, A. T., Hadiwijoyo, D., Troena, E. A., & Triyuwono, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, keadilan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah bank

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. (1999). Marketing. Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta

Maulana, M. R., & Rohman, F.(2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah BCA Cabang Borobudur Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 102109. Pusat Kota Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Saputra, R. B., & Alwie, A. P. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Riau Kepri cabang Siak. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 7(2), 285-294.

Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.