PERAN DEPARTEMEN SDM ANGKASA PURA 2 TERHADAP PENCARI KERJA PADA PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA DI WILAYAH BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA

Hizkia Eva, Irham Setiawan, Farahdina Yulike Aldila, Audri M. W. Nababan, Novrimadhayani Halomoan, Elisabeth Fitria Puspa Dewina, Kamil Shefta Mufasir Ulum, Salsabila Octavia Ismail, Monica Priscilla, Olivia Tsintani Salsabilla Arveiz

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis peran departemen Angkasa Pura 2 terhadap pencari kerja pada pencipta lapangan kerja di wilayah Bandar Udara Soekarno-Hatta. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian diambil dari hasil wawancara dengan pegawai Angkasa Pura 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembahasan peran departemen SDM Angkasa Pura 2 terhadap pencari kerja pada penciptaan lapangan kerja di wilayah bandar udara Soekarno-Hatta dalam tiga aspek, yaitu peran pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja di Indonesia, peran departemen SDM Angkasa Pura 2 terhadap pencari kerja di wilayah bandar udara Soekarno-Hatta, dan solusi pemerintah terhadap pencari kerja di Indonesia. Peran departemen SDM Angkasa Pura 2 terhadap pencari kerja di wilayah bandar udara Soekarno-Hatta sudah cukup baik. Solusi pemerintah terhadap pencari kerja di Indonesia. Solusi pemerintah terhadap pencari kerja di Indonesia kurang efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa peran departemen Angkasa Pura 2 terhadap pencari kerja pada pencipta lapangan kerja di wilayah Bandar Udara Soekarno-Hatta sudah cukup baik, namun dapat ditingkatkan kembali.

Kata kunci: Peran pemerintah, pencari kerja, lapangan kerja, peran departemen


References


Anwar, Sanusi. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Badara, Aris. (2012). Analisis Wacana Teori, Metode, dan Penerapanya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Endraswara, Suwardi. (2003). Metodologi Penelitian Sastra: Pustaka Widyatama.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawal.

Kalsum, Umi. 2017. Pengaruh Pengangguran dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jurnal Ekonomikawan, vol. 17.

Kuncoro, Mudrajad. (2004). Otonomi & Pembangunan Daerah, Reformasi, Perencanaan, dtrategi, dan Peluang: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda kary.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Ratna, Nyoman Kutha. (2004). Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra (Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme, Perspektif Wacana Naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Semi, M. Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra: Angkasa.

Sugiyanto. (2006). Implikasi Pengangguran Terhadap Pembangunan Nasional Serta Strategi Pemecahannya. Jurnal Unimus, Vol.2, No.2.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Undang Undang Dasar 1945 Pasal 27 ayat (2) Tentang Hak Warga Negara Mendapatkan Pekerjaan.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.