DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESTABILAN EKONOMI KEDAI WONGKITO HARAPAN INDAH

Deny Saputra, Gerardus Mayella Resi Resiona, Albert Firdaus, Nadhil Nur Adli, Rizal Afandi, Gian Fajrin Hawildan, Galih Saputra, Trian Permadi

Abstract


Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis dampak Covid-19 terhadap kestabilan perekonomian Kedai Wongkito Harapan Indah sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif wawancara dimana peneliti melakukan wawancara kepada pemilik usaha Kedai Wongkito kemudian peneliti membandingkan hasil wawancara dengan teori-teori yang telah ada mengenai dampak ekonomi keberadaan Covid-19. Hasil penelitian melalui wawancara mendapatkan hasil dimana omzet saat merebaknya Covid-19 menurun sebesar 80% jika dibandingkan masa-masa sebelum merebaknya Covid-19. Selain itu, peneliti juga mendapatkan fakta bahwa Covid-19 menyebabkan Kedai Wongkito terpaksa merumahkan seluruh karyawannya. Pemilik Kedai Wongkito juga mengeluhkan bahwa walaupun bisnisnya tidak bisa beroperasi karena adanya pembatasan sosial, namun biaya sewa ruko harus terus berjalan sehingga menyebabkan beban ekonomi terhadap keuangan kedai menjadi semakin berat. Dari data ini maka peneliti membuat kesimpulan bahwa Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian usaha mikro, kecil, dan menengah dan oleh karena itu, perlu kesadaran Bersama untuk menghentikan penyebaran Covid-19 sehingga perekonomian bisa lebih cepat untuk kembali pulih seperti sedia kala. 

Kata Kunci: Covid-19, Pandemi, Warung, Ekonomi

References


Rakyat Indonesia dan Pemerintah Harus Bekerja Sama Atasi Pandemi. (2021)https://www.kominfo.go.id/content/detail/32353/rakyat-indonesia-dan-pemerintah-harus-bekerja-sama-atasi-pandemi/0/berita.

Masyarakat dan Pemerintah Bersama Tekan Penularan COVID-19 Lewat Protokol Kesehatan. (2021) https://www.kominfo.go.id/content/detail/29899/disiplin-3m-kunci-utama-tekan-penularan-covid-19/0/sorotan_media.

Burhan, E. (2020). Coronavirus yang Meresahkan Dunia. https://mki-ojs.idionline.org/jurnal/article/view/170.

Fadli, R. (2020). COVID-19, SARS, atau MERS, Mana yang Paling Berbahaya. https://www.halodoc.com/artikel/covid-19-sars-atau-mers-mana-yang-paling-berbahaya.

Rosiady.(2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat di Nusa Tenggara Barat. https://resiprokal.unram.ac.id/index.php/RESIPROKAL/article/download/46/28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.