DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA DI SMA NEGERI 1 BEKASI

Roy Ivan, Hanna Sajidah, Hajar Aswad, Melani Widdia Wilianti, Rizqur Rahman Arif, Keylla Zahra Suryadi, Yuniar Pamadya Astuti, Siti Kajar Rejeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perundungan terhadap kesehatan mental siswa. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan memberikan pertanyaan kepada guru SMA Negeri 1 Bekasi dan siswa yang terdampak perundungan. Pendekatan yang dilakukan dengan cara menganalisis fakta-fakta yang didapatkan dari hasil wawancara dengan guru di SMA Negeri 1 Bekasi dan dengan siswa SMA Negeri 1 Bekasi yang terdampak perundungan. Jenis analisa yang dipilih adalah analisa kualitatif deskriptif dimana penelitian berfokus pada kenyataan-kenyataan yang terjadi pada siswa di SMA Negeri 1 Bekasi sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perundungan memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental siswa, termasuk perasaan depresi, kecemasan, dan rendahnya tingkat kepercayaan diri. Berdasarkan data hasil wawancara, penelitian menemukan kenyataan bahwa korban perundungan mengalami masalah serius pada kesehatan mental ketika mengalami perundungan pengucilan. Penelitian juga menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental akibat perundungan menyebabkan penurunan nilai akademik di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perundungan mempengaruhi kesehatan mental siswa yang pada akhirnya menyebabkan penurunan pada nilai akademik di sekolah.


Kata kunci: Perundungan, Kesehatan Mental, Konseling, Sekolah, Siswa

References


Bunga, N. (2021). Tiga "Dosa Besar" di Dunia Pendidikan. https://eduwara.com/tiga-dosa-besar-di-dunia-pendidikan.

Guritno, T. (2021). Catatan KPAI: 17 Kasus Perundungan dan Kekerasan di Lingkungan Sekolah Terjadi Sepanjang 2021. https://nasional.kompas.com/read/2021/12/29/15430801/catatan-kpai-17-kasus-perundungan-dan-kekerasan-di-lingkungan-sekolah.

Jayani, H. (2019). Persentase Murid yang Mengalami Perundungan (Bully) 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia.

KEMDIKBUD. (2021). Mengatasi Perundungan di Sekolah dengan Program “Roots”. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengatasi-perundungan-di-sekolah-dengan-program-roots/.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2016). Rincian Data Kasus Berdasarkan Klaster Perlindungan Anak, 2011-2016 [Tabel Ilustrasi KPAI Juli 17, 2016]. http://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-per-tahun/rincian-data-kasus-berdasarkan-klaster-perlindungan-anak-2011-2016.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Penerbit Sinar Baru Algensido.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.