DAMPAK INTOLERANSI SOSIAL TERHADAP TINGKAT KRIMINALITAS REMAJA DI SMK BINA MANDIRI BEKASI

Lusiana Mustikawati, Umar Ali Zidan, Pristia Maulidhita Arvianti, Salsabilla Febrian Kasih, Harival Krisman, Nur Aisyah, Catherine Hutama, Latifah Choirunnisa Kusuma Wardani, Ahmad Rifai, Rizki Darmawan, Mohammad Rayyan Desandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dampak intoleransi sosial terhadap tingkat kriminalitas pada masyarakat Bekasi. (2) Mengetahui dampak intoleransi sosial terhadap tingkat kriminalitas tersebut bisa terjadi di SMK Bina Mandiri Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik non-probability sampling. Data penelitian ini diungkap melalui wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Intoleransi berpengaruh terhadap tingkat kriminalitas karena intoleransi menjadi salah satu penyebab terjadinya kriminalitas di SMK Bina Mandiri Bekasi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir intoleransi adalah dengan membiarkan siswa melakukan kegiatan yang bermanfaat sesuai dengan bakat dan minatnya, dengan demikian maka fokus siswa akan teralihkan dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun masyarakat.

Kata kunci : intoleransi, tingkat kriminalitas, kenakalan remaja


References


Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Tinjauan Trilogi Kerukunan Umat Beragama Berdasarkan Perspektif Iman Kristen. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38189/jan.v1i1.38

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72–92.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Haryani, E. (2019). Intoleransi Dan Resistensi Masyarakat Terhadap Kemajemukan: Studi Kasus Kerukunan Beragama Di Kota Bogor, Jawa Barat. Harmoni, 18(2), 73–90. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.405

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104.

Purba, H., Holilulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2015). Persepsi Anggota Resimen Mahasiswa Universitas Lampung Terhadap Fenomena Tawuran Antar Pelajar. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(8).

Suharyanto, A. (2013). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(2), 12.

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.