PERAN PEMERINTAH TARUMAJAYA TERHADAP MAKANAN SEHAT DAN TERJANGKAU PADA MASYARAKAT MENENGAH KE BAWAH

Akdan Al- Ghifari, Ananta Arta Nadia, Aletha Kevina Putri, Dani Andikha Budi, Dwi Anggraeni, Erica Radiana, Ferel Himawan, Kinanti Salsabila Rachmadani, Nazwa Hana Faradila, Sabrina Nur Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah Tarumajaya terhadap makanan sehat dan terjangkau pada masyarakat menengah ke bawah. Peran yang dimaksud merupakan kewajiban atau tugas dari pemerintah itu sendiri. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berikut Teknik analisis data yang kami pakai yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas peran pemerintah Tarumajaya terhadap makanan sehat dan terjangkau pada masyarakat menengah ke bawah meliputi tiga aspek, peran pemerintah dalam mengupayakan makanan yang sehat serta terjangkau terhadap masyarakat Indonesia, upaya untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya pada kelas menengah ke bawah untuk bisa mendapatkan makanan sehat serta terjangkau di lingkungan tempat tinggalnya, solusi masyarakat dalam menentukan makanan sehat serta terjangkau. Berdasarkan tiga aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa masyarakat menengah ke bawah sangat membutuhkan peran pemerintah, karena peran pemerintah dalam menjaga keterjangkauan harga bahan pokok, dan solusinya menurunkan dari harga bahan pokok itu sendiri.

Kata kunci: peran pemerintah, makanan, masyarakat


References


Ho, Eugene., dan Song, Stanley. (2017). Embracing bricks and clicks in Indonesia. Deloitte Consumer Insight.

Küster, Inés., dan Vila, Natalia. (2017). Healthy lifestyle and eating perceptions: correlations with weight and low-fat and low-sugar food consumption in adolescence. Frontiers in Life Science.

Lichtman, Marilyn. (2013). Qualitative Research in Education : A User’s Guide (Third Edition). Sage Publications, Inc.X.

Nurchayati, Dewi. (2014). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Makanan Sehat Melalui Penerapan Sentra Cooking. Universitas Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.