PERAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK ATTAQWA 01 TARUMAJAYA

Ambar Ananda, Astrid Adelia Supandi, Fadillah Aditya Rahman, Kannia Rinjani, Nailil Khikmah, Radiva Setiani, Ratu Madinah, Selsa Mahfuza Budiani, Widiya Vita Alfaena

Abstract


Peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting, dimana guru merupakan ujung tombak dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu serta garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa. Namun dalam sistem pendidikan di Indonesia yang saat ini belum merata dan ditambah masuknya globalisasi serta era digital yang berdampak pada minat belajar siswa yang menurun, membuat tantangan baru untuk guru berperan meningkatkan minat belajar siswa. Penurunan minat belajar siswa juga terjadi di SMK Attaqwa 01 Tarumajaya yang dapat dilihat saat kegiatan belajar mengajar mulai dari banyak siswa yang main sendiri di kelas, catatan siswa yang tidak lengkap, serta tidak pahamnya siswa dalam materi yang telah disampaikan, hal ini berdampak pada nilai ujian dan tingkat kelulusan di SMK Attaqwa 01 Tarumajaya. Untuk itu, peneliti mengambil judul penelitian peran guru terhadap minat belajar peserta didik di SMK Attaqwa 01 Tarumajaya dengan menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar para siswa di SMK Attaqwa 01 Tarumajaya yang dilakukan karena adanya peran guru sebagai pemberi inspirasi, motivasi, dapat membantu siswa menemukan bakat dan minatnya, memberi apresiasi siswa agar siswa tetap semangat dalam belajar serta peran pemerintah sebagai demonstrator, mediator, fasilitator, dan evaluator.


Kata kunci : peran guru, minat belajar, SMK Attaqwa 01 Tarumajaya


References


Abdullah, Amiruddin dan Fahmi, Zulfan. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah

Prihatin, Meita Satri. (2017) . Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS Sma Negeri 1 Seyegan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratnasari, Reni. (2021) . Bagaimana Pendidikan Di Daerah, Upaya Peningkatakan Mutu Pendidikan. (Online). https://www.kompasiana.com/neniratnasari/60d11e96bb448671fc4627b2/.

Sari, Wann Nurdiana. Murtono, dan Ismaya, Aditia Erik. (2021) . Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Universitas Muria Kudus.

Syafnidawaty. (2020) . Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli. Universitas Raharja.

Yestiani, Dea Kiki dan Zahwa, Nabila. (2020) . Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Tangerang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.