PERAN GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN BERKUALITAS PADA KASUS PERUNDUNGAN ANAK-ANAK DIBAWAH UMUR DI SDN UJUNG MENTENG 04 PAGI

Amelia Dwi Oktaviani, Aulia Azwa Santoso, Azzahra Indi Zullaicha, Berliana Safitri, Cipta Azis, Lidya Lidya, M. Diarama Kurnia Putra, Nabila Ashiilah Istnaenny, Sarach Ayu Puspo Nugroho, Yohanes Darmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam menangani kasus perundungan yang terjadi di SDN Ujung Menteng 04 Pagi. Peran yang dimaksud merupakan upaya orang tua dan guru dalam mencegah dan mengatasi kasus perundungan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif metode teori dasar. Data penelitian ini berupa hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan studi lapangan, membandingkan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model alir yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menguraikan peran guru dan orang tua terhadap pendidikan berkualitas pada kasus perundungan anak-anak di bawah umur mencakup beberapa aspek yaitu bentuk tindakan perundungan, mengetahui pandangan orang tua dan guru terhadap kasus perundungan yang dapat menurunkan kualitas belajar anak, upaya guru dalam meningkatkan minat belajar, serta cara guru dan orang tua dalam mengantisipasi timbulnya perundungan di SDN Ujung Menteng 04 Pagi. Berdasarkan dari empat aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa perundungan yang terjadi masih berbentuk verbal, peran yang orang tua dan guru lakukan adalah sama-sama mengajarkan, mengontrol, serta memberikan nasehat kepada anak untuk selalu berperilaku baik, baik itu di lingkungan rumah maupun sekolah.

Kata kunci: Perundungan, Pendidikan berkualitas, Peran, Orang tua, Guru, Siswa dan Sekolah dasar


References


Amalia, Marsela Rizky. (2016). Bab III Metode Penelitian. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

http://repository.unika.ac.id/13187/4/12.40.0254%20Marsela%20Rizky%20Amalia%20BAB%20III.pdf

Apsari Dewi, Indria. (2019). Peran penting orang tua dalam menyikapi isu perundungan terhadap anak. Brilio.net.

https://www.brilio.net/creator/peran-penting-orang-tua-dalam-menyikapi-isu-bullying-terhadap-anak-d1d98f.html

Aryani, Rika. (2015). Konsep-konsep Pokok Penelitian Grounded Theory. Makalah. Blogspot.

https://www.rikaariyani.com/2015/02/makalah-grounded-theory.html?m=1

Atthariq, Ricky. (2022). Self Esteem: Arti, Faktor, dan Cara Meningkatkan Self Esteem. Gramedia.com.

https://www.gramedia.com/best-seller/self-esteem/

Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Perangi Perundungan di Sekolah untuk Menciptakan SekolahAman dan Nyaman. Kemendikbud.

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/perangi-perundungan-di-sekolah-untuk-ciptakan-sekolah-aman-dan-nyaman

Fajri, Dwi Latiful. (2022). Memahami Bullying, Penyebab dan Cara Mengatasinya. Riset. Katadata.co.

https://katadata.co.id/intan/berita/61d314fbc28b2/memahami-bullying-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Hadiwijaya, Ilham. (2022). Tafsir Fenomenologis: Kontekstualisasi Ayat Al-Qur’an Tentang Bullying. Skripsi. Institut PTIQ Jakarta.

https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/823/1/TAFSIR%20FENOMENOLOGIS%20KONTEKSTUALISASI%20AYAT%20ALQUR%27AN%20TENTANG%20BULLYING_compressed.pdf

KBBI. (2022). 2 Arti Nakal di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kbbi.lektur.id https://kbbi.lektur.id/nakal#:~:text=Menurut%20Kamus%20Besar%20Bahasa%20Indonesia%20%28KBBI%29%2C%20arti%20kata,dari%20nakal%20adalah%20buruk%20kelakuan%20%28lacur%20dan%20sebagainya%29.

Mardiastuti, Aditya. (2022). Pengertian perundungan Adalah: Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya. Detik.com.

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6284761/pengertian-bullying-adalah-jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Salmaa. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis, dan Karakteristiknya. Karya Ilmiah. Penerbit Deepublish.

https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.