PERAN KADER POSYANDU TERHADAP KEHIDUPAN SEHAT SEJAHTERA PADA BALITA DI BEKASI UTARA RT 16 RW 14

Adi Maika Saputra, Fabelio Rafael, Ivan Ramadhan Suprianto, Muhammad Ariz Arkan, Naditha Ersa Auryn Alamsyah, Pascah Aprilia Rayuni Manik, Putren Yesa Ananta, Salwa Nabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran posyandu terhadap kehidupan sehat sejahtera pada balita di Bekasi Utara RT 16 RW 14. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Data penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model alir yang komponennya meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini memaparkan peran kader posyandu terhadap kehidupan sehat sejahtera yang mencakup tiga aspek, peran pemerintah dalam program posyandu terhadap kehidupan sehat sejahtera, peran kader posyandu terhadap kehidupan sehat sejahtera pada balita, solusi pemerintah dalam program posyandu agar rakyat indonesia mendapat kehidupan sehat sejahtera. Berdasarkan dari tiga aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah dalam program posyandu terhadap kehidupan sehat sejahtera sudah melakukan perannya dengan bekerjasama dengan instansi yang terkait mengadakan pengaktifan kegiatan program posyandu serta peran dari kader posyandu terhadap kehidupan sehat sejahtera pada balita sudah mampu memberi ilmu ilmu kepada orang tua dari balita, kendala dalam pelaksanaan pelaksanaan program kegiatan posyandu tersebut dilihat masih kurangnya sumber daya manusia dari kadernya, dan solusi pemerintah adalah bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk mengadakan pelatihan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pemerintah juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar program posyandu terhadap kesehatan anak tersampaikan kepada masyarakat.

Kata Kunci: Peran Kader posyandu, Kehidupan Sehat Sejahtera, Solusi Pemerintah


References


Departemen Dalam Negri RI. (2004). Revitalisasi Posyandu melalui Pemberdayaan Kader Kesehatan. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Buku Kader Posyandu Dalam Usaha Perbaikan Gizi Keluarga. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Pedoman Revitalisasi Posyandu. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Saepudin, E., Rizal, E., & Rusman, A. (2017). Peran Posyandu sebagai pusat informasi kesehatan ibu dan anak (Posyandu roles as mothers and children health information center). Record and library journal, 3(2), 201-208.

Sembiring, N. (2004). Posyandu sebagai saran peran serta masyarakat dalam usaha peningkatan kesehatan masyarakat. Universitas Sumatera Utara, USU Digital Library.

Tse, A. D. P., Suprojo, A., & Adiwidjaja, I. (2017). Peran kader posyandu terhadap pembangunan kesehatan masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.