PERAN TENAGA KERJA TERAMPIL TERHADAP LAPANGAN PEKERJAAN PADA SISWA SMK FARMASI DI BHAKTI KARTINI

Anisah Muzamil, Claudia Dinda Pratiwi, Laksna Gani Panigoro, Rifky Arya Arnanda, Fadhlih Ramdhan Fakhrurrazi, Amelia Nuraini, Helpy Tiana, Muhammad Daffa Susilo Putra, Mochamad Dehakka Syahbana, Bintang Restu Nanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tenaga kerja terampil di Indonesia, di Sekolah Menengah Kejuruan, dan untuk mengetahui peran pemerintah dalam pembentukan tenaga kerja terampil. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari yang diamati dengan metode survei. Metode survei merupakan metode yang tepat untuk mengelola data-data dalam penelitian ini. Metode survei yaitu pengambilan sampel dari suatu populasi dan teknik terkait pengumpulan data survei, seperti pembuatan kuesioner dan untuk meningkatkan jumlah dan akurasi tanggapan dalam survei. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran tenaga kerja terampil di Indonesia memiliki peran yang sangat besar karena dapat mendorong dan mempercepat naik-turunnya daya saing perekonomian di suatu negara. Peran tenaga kerja terampil di Sekolah Menengah kejuruan memiliki peran yang cukup besar karena merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendidik dan berkomitmen pada keterampilan tertentu. Peran pemerintah terhadap pembentukan tenaga kerja terampil dengan menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompetensi dengan cara mengadakan program Balai Pelatihan Kerja (BLK) tanpa mengeluarkan biaya agar semuanya dapat mengikuti kegiatan tersebut.


Kata kunci: peran; tenaga kerja; terampil


References


Putri, Vanya Karunia Mulia. (2021). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja. Kompasiana. https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/11/190000969/upaya-pemerintah-indonesia-dalam-meningkatkan-kualitas-tenaga-kerja.

Ivanka, Isyavira. (2019). Pengaruh Produktivitas Tenaga Kerja Terampil Terhadap Efektivitas Pertumbuhan Ekonomi. Institut Pertanian Bogor.

Hariyati. (2019). Peranan dinas Tenaga Kerja Dalam Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kerja Dikota Samarinda. Pemerintah Kota Samarinda.

Rizal, Rofiq Nur. (2016). Apakah Jenjang Pendidikan Dasar Tenaga Kerja Berperan dalam Mengurangi Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia.

https://jepi.fe.ui.ac.id/index.php/JEPI/login?source=%2Findex.php%2FJEPI%2Farticle%2Fview%2F596%2Fpdf_1.

Syamsuddin, Nurfadila. (2018). Peran SMK Sebagai Specific Human Capital Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/12579/.

Franita, Riska. (2019). Analisa Pengangguran di Indonesia. Universitas Muhammadyah Tapanuli Selatan.

http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/97.

Adam, Latif. (2016). Membangun Daya Saing Tenaga Kerja Indonesia Melalui Peningkatan Produktivitas.

https://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/view/205

Arrozi, Fahrudin. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kota Denpasar. Universitas Udayana.

https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/42004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.