PENCEGAHAN SIKAP INTOLERANSI MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI SMP AL WATHONIYAH 9 JAKARTA TIMUR

Sekar Dwi Asmara, Malek Hesham Omar G Bin Taleb, Albyna Putri Sanusi, Ardhiansa Dwi Prabowo, Yan Eki Winarki, Yoan Nita, Zaid Nouman

Abstract


Intoleransi kerap kali terjadi di lingkungan sekitar kita, termasuk di lingkungan sekolah.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yaitu: observasi, wawancara dan kuesioner yang dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan lisan dan tertulis yang ditujukan kepada guru serta siswa/i SMP AL WATHONIYAH 9. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mencegah sikap intoleran melalui penguatan pendidikan keagamaan di SMP AL WATHONIYAH 9 serta mengetahui sejauh mana penguatan Pendidikan keagamaan di sekolah tersebut berpengaruh terhadap pencegahan intoleransi terjadi. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penting menerapkan Pendidikan keagamaan untuk mencegah sikap intoleransi.

Kata kunci : Intoleransi, Pendidikan Keagamaan, Pencegahan


References


Agus Suharyono. 2014, Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 1 (2) (2013): 192-203.

Andy Hakim, Syaiful Amir (2018) Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila (studi kasus SMA PABA BINJAI)

Haedari, Amin. 2011. Pendidikan Agama dan Keagamaan- Reinventing Pendidikan Islam Unggul Dan Kompetitif. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agam,a dan Keagamaan.

KBBI, pengertian Intoleransi Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Pasal 1 tentang Pendidikan Agama dan Pendidkan Keagamaan

Sugiyono (2017:142) Pengertian Kuesioner

McCusker. K, Gunaydin, S. (2015) Pemilihan Metode Kualitatif


Refbacks

  • There are currently no refbacks.