PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA USIA 16-18 TAHUN DI BEKASI

Alinda Sari Virgi, Joko Widarto, Alisa Trijayanti Alfigus, Amalia Nur Tarifah, Ananda Tiara Salsabila

Abstract


Tidak selamanya interaksi sesama makhluk ciptaan Tuhan berjalan dengan lancar. Kekerasan merupakan salah satu contoh dari konflik yang sering terjadi dalam kehidupan sosial. Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi pada keseharian. Bullying berbentuk kekerasan atau penindasan yang dilakukan oleh satu orang atau satu kelompok secara sengaja yang bertujuan untuk menimbulkan kerugian dan dilakukan secara terus menerus. Perilaku bullying dapat berbentuk verbal, non verbal, dan cyber bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh bullying terhadap kesehatan mental dan mengetahui faktor yang menyebabkan seseorang melakukan bullying. Menguji dan menganalisa  angka dengan menggunakan metode statistik yang dapat diperoleh dari kuesioner dan menyebarkannya merupakan metode penelitian kuantitatif, Pada bagian hasil penelitian diuraikan secara detail analisa dan temuan – temuan  hasil pengolahan data yang berasal dari penyebaran angket, hasil observasi, maupun hasil kajian literatur. Berdasarkan hasil dari kuesioner, ditemukan bahwa tindakan bullying berdampak besar pada kesehatan mental seseorang dan  faktor yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan bullying ialah rasa iri atau benci kepada orang lain, minimnya rasa empati, dan juga adanya dendam terhada korban bullying.

 

Kata Kunci: Bullying; remaja; kesehatan mental.


References


Budhi, Setia. (2016). Kill Bullying: Hentikan Kekerasan di Sekolah. Banjarmasin. https://osf.io/kcbwq/download.

Dina, R. (2021). Memahami Pengertian Remaja dan Tahap Perkembanganya. SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/memahami-pengertian-remaja-dan-tahap-perkembangannya

Dita, J. [@sangjuwita]. (2019, April 10). 8 Penyebab Seseorang Lakukan Bullying [Tweet]. https://twitter.com/sangjuwita?123abc.

Harmeni, W. (2021). Ada Ratusan, Ini 15 Jenis Gangguan Mental yang Paling Umum. RSU Bunda Jakarta. https://bunda.co.id/artikel/kesehatan/gangguan-mental/ini-jenis-gangguan-mental-paling-umum/.

Jakarta. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2016). Bullying. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf.

Natalia, R. D. S. (2022). Mengulik Kesehatan Mental Anak Akibat Perundungan. Media Indonesia. https://m.mediaindonesia.com.

Sapitri, Widya Ayu. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Guepedia.

Ulya, Fatya & Noor Alis Setiyadi. (2021). Kajian Literatur Faktor yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental Pada Remaja. Journal of Health of Therapy, Volume 1 No 1, 2021, 27-46. https://journal.mrcrizquna.com/index.php/jht/article/download/17/16


Refbacks

  • There are currently no refbacks.