BUDAYA LITERASI SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENGATASI PENYEBARAN HOAKS DI SMP TAMAN HARAPAN BEKASI

Amanda Amelia, Salwa Muzayana Rahmah, Nataya Jagadditha, Astrid Asstania Ningrum, Armelia Yunitasari, Astrid Karina Putri, Dea Fransiska, Fitri Sitanggang, Mellisa Septiananda Naibaho, Syifa Camelia Azzahra

Abstract


Hoaks adalah informasi yang dirancang untuk menyembunyikan informasi yang sebenarnya. Oleh karena itu, diperlukan edukasi lebih lanjut untuk menentukan apakah informasi tersebut fakta atau hanya hoaks. Hoaks dapat menyebar ke masyarakat dari segala usia. Oleh karena itu, kami memilih siswa/i SMP Taman Harapan Bekasi sebagai subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana hoaks berdampak terhadap Siswa/i dan apakah literasi dapat mencegah penyebaran hoaks di kalangan siswa/i SMP Taman Harapan Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner yang dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan lisan dan tertulis kepada siswa/i SMP Taman Harapan Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa/i SMP Taman Harapan Bekasi tidak langsung percaya dengan informasi yang beredar, mereka menggali terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut, mereka mencari informasi lebih lanjut dari informasi yang beredar melalui media digital maupun media sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi digital dapat mengurangi penyebaran berita hoaks. Melalui literasi digital, pengetahuan yang kita miliki tentang suatu informasi semakin luas.

Kata Kunci : Hoaks, Literasi Digital, Media Sosial


References


Area, U. M. (2021, Desember 8). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Retrieved from barkiuma: https://barki.uma.ac.id/2021/12/08/pe ngertian-literasi- menurut-para-ahli- tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

Hisaba, H. (2022 , Juli 16). 5 Tips Efektif agar Senang Membaca Buku. Retrieved from yoursay : https://yoursay.suara.com/amp/hobi/2022/07/16/153605/5-tips-efektif-agar- senang-membaca-buku

Saefullah, S. (2020, November 30). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Retrieved from bdk jakarta: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berit a/pengaruh-kemajuan-teknologi- komunikasi-dan-informasi-terhadap- karakter-anak

Yassin, B. A. (2022, Februari 28). Hoaks Dalam Perspektif Agama Islam. Retrieved from Pustaka Unand: https://pustaka.unand.ac.id/componen t/k2/item/271-hoaks-perspeksif-islam

Agustina, S., 2013. Pengembangan Program Membaca di Perpustakaan: Salah Satu Komponen Penting Menjadi Murid Melek Informasi (Information Literate Student). Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan,1(1),pp.107-118.doi: 10.24198/jkip.v1i1.9617.

Belshaw, D.A.J., 2011, What id “Digital Literacy”?, Durham University, United Kingdom.

Fatmawati, N., & Sholikin, A. (2019). LITERASI DIGITAL, MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL BAGI ORANG TUA MILENIAL. Madani

Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

https://doi.org/https://doi.org/10.5216 6/madani.v11i2.3267

Setyaningsih, Rila and Abdullah. (2020, Oktober 27). MODEL PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN E- LEARNING. Jurnal ASPIKOM, 3(6). pp. 1200-1214. ISSN: 2087-0442

http://repo.unida.gontor.ac.id/194/

Sulistyo Basuki. 2013. "Literasi Informasi dan Literasi Digital". Artikel Blog dalam https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan- literasi- digital/. Diakses pada 6 Januari 2023.

Herlina, M. 2019. “DAMPAK INFORMASI HOAX DIMEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT KONFLIK DAN SIKAP PADA REMAJA”.

http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/1257. Diakses pada 29 Desember 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.